Tingkat Pengetahuan Penanganan Cedera Olahraga Metode Protect, Rest, Ice, Compression, Elevation, Support Pada Mahasiswa FIO UNESA Angkatan 2016

RUCHY PHARAMANANDYA OKTA, SOETANTO HARTONO

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan penanganan cedera olahraga metode protect, rest, ice, compression, elevation, support pada mahasiswa FIO UNESA angkatan 2016. Peneliti mengambil topik tersebut mengingat penting nya skill penanganan cedera olahraga yang harus dipahami bagi calon lulusan sarjana fakultas ilmu olahraga. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan metode survei dan untuk teknik pengambilan data peneliti menggunakan kuesioner yang telah dibuat di media google form untuk membantu mahasiswa mengisi kuesioner. Sampel dari penelitian ini yaitu mahasiswa dari Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Surabaya yang berasal dari angkatan 2016 atau yang saat ini sedang menempuh semester delapan tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 90 mahasiswa, dimana dari tiga program studi yang ada masing-masing diwakili oleh 30 mahasiswa. Analisis data dalam penelitian ini yaitu, menentukan persentase tingkat pengetahuan dari mahasiswa dan kemudian dilakukan uji one way anova dengan menggunakan bantuan software SPSS 26.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan tingkat pengetahuan penanganan cedera olahraga metode protect, rest, ice, compression, elevation, support pada mahasiswa FIO UNESA angkatan 2016 yang termasuk dalam kategori sangat tinggi sebesar 27,8% (25 mahasiswa), kategori tinggi sebesar 58,9% (53 mahasiswa), kategori sedang sebesar 13,3% (12 mahasiswa), serta kategori rendah dan sangat rendah sebesar 0% (0 mahasiswa). Dari hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwasanya tingkat pengetahuan mahasiswa sebagian besar termasuk dalam kategori tinggi dan pada uji one way anova menunjukkan nilai signifikansi 0,359 > 0,05 sehingga dapat diartikan bahwasanya dari tiga program studi yang ada tidak terdapat perbedaan tingkat pengetahuan yang signifikan.

Kata Kunci: Tingkat Pengetahuan, Penanganan Cedera, Mahasiswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments