PERANAN AKTIVITAS KIDSPORT TERHADAP EMOSIONAL ANAK DI HOTEL BALI DYNASTI RESORT (Anak Pada Usia 8-12 Tahun)

FITRIYANA

Abstract


PERANAN AKTIVITAS KIDSPORT TERHADAP EMOSIONAL ANAK DI HOTEL BALI DYNASTI RESORT


(Anak Pada Usia 8-12 Tahun), M. Nur Bawono


Fitriyana


 


S-1 Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Surabaya


irhas.art@gmail.com


ABSTRAK


Kidsport suatu bentuk kegiatan dalam organisasi untuk mengoptimalkan perkembangan fisik, mental terutama emosional anak dan berkomitmen untukmenciptakan lingkungan yangbenar-benarmemfokuskan pada kesenangan anak melalui olahraga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan bagaimana peranan aktivitas kidsport terhadap emosional anak. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak yang terdaftar mengikuti aktivitas kidsport.


Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, sedangkan proses pengambilan data dilakukan menggunakan instrumen berupa angket tertutup serta mengamati gambaran permainan aktivitas kidsport melalui dokumentasi.


Dari hasil penelitian berdasarkan angket yang telah disebarkan, maka emosional anak dalam mengikuti aktivitas kidsport yang dinyatakan dalamPersentase adalah takut dengan lingkungan baru menyatakan ya sebesar 10%, tidak sebesar 90%, takut dengan kelelahan atau sakit menyatakan ya sebesar 10%, tidak sebesar 90%, malu menyatakan ya sebesar 45%, tidak sebesar 55%, canggung menyatakan ya sebesar 15%, tidak sebesar 85%, khawatir menyatakan ya sebesar 10%, tidak sebesar 90%, cemas menyatakan ya sebesar 45%, tidak sebesar 55%, marah menyatakan ya sebesar 10%, tidak sebesar 90%, cemburu menyatakan ya sebesar 10%, tidak sebesar 90%, sedih menyatakan ya sebesar 35%, tidak sebesar 65%, kecewa menyatakan ya sebesar 0%, tidak sebesar 100%, menangis menyatakan ya sebesar 15%, tidak sebesar 85%, minat aktivitas kidsportmenyatakan ya sebesar 80%, tidak sebesar 20%, tantangan untuk menang menyatakan ya sebesar 90%, tidak sebesar 10%, senang aktivitas kidsportmenyatakan ya sebesar 90%, tidak sebesar 10%, bosan menyatakan ya sebesar 15%, tidak sebesar 85%, suka menyatakan ya sebesar 85%, tidak sebesar 15%, susah menyatakan ya sebesar 5%, tidak sebesar 95%, gembira menyatakan ya sebesar 90%, tidak sebesar 10%, senang bentuk pengajaran aktivitas kidsportmenyatakan ya sebesar 90%, tidak sebesar 10%, tidak nyaman dengan instruktur dan fasilitas aktivitas kidsport menyatakan ya sebesar 0%, tidak sebesar 100%. Maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas kidsport dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan emosional anak usia 8 sampai 12 tahun dalam menerapkan permainan olahraga terutama di Hotel Bali Dynasti Resort


Kata Kunci : Kidsport, Emosional, Anak, Angket                                                                   


ABSTRACK


 


Kidsport a form of activity within the organization to optimize the physical, mental and emotional especially committed to creating an environment that is really focused on the pleasure of children through sport. The purpose of this study was to determine and describe how the role of the child's emotional kidsport activity. Subjects in this study were children enrolled follow kidsport activity.


The method in this study uses descriptive qualitative method, while the process of data retrieval is done using a closed questionnaire instrument and observe the game picture kidsport activity through documentation.


From the results of research based on a questionnaire that has been distributed, then the child's emotional kidsport in following activities are expressed in percentages are afraid of the new environment by 10 % stated yes, not by 90 %, with the fear of fatigue or pain by 10 % stated yes , not by 90 % , embarrassed stated yes by 45 %, not 55%, awkwardly stated yes by 15 %, not 85%, worried stated yes by 10 %, not 90%, anxiety by 45 % stated yes, not by 55 %, yes angry expressed by 10 %, not 90%, jealousy expressed by 10 % yes, 90% no, sadly stated yes 35%, not 65%, stated yes disappointed at 0%, not 100%, crying states yes 15%, not 85%, interest kidsport activity by 80 % stated yes, not by 20 %, the challenge to win by 90 % stated yes, not by 10 %, stated yes kidsport happy activity by 90 %, not by 10 %, bored stated yes by 15 %, not 85%, like stated yes by 85 %, not 15%, hard to declare so by 5 %,


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.