Reader Comments

Dimana Anda Harus Mencari Pantai Indrayanti Gunung Kidul

"Dora Hernandez" (2020-06-03)


wisata pantai di jogja Plop! Kata-kata "Pantai Perawan" really lights up the bulb in my head. Sesuai namanya, Pantai Sepanjang mempunyai hamparan pasir pesisir yang sangat panjang dan kedua ujungnya dibatasi oleh kerikil karang yang gede. Sepanjang jalan yang berkelok-kelok menanjak, kami disuguhi pemandangan istimewa berupa bukit-bukit karang yang ditumbuhi perdu dan ilalang. Suatu saat, entah bagaimana caranya, permukaan laut turun dan daratan naik, sehingga jadilah area yang disebut Gunung Kidul ini. Di pantai Sepanjang ada tebing yang tinggi dengan banyak ditumbuhi tanaman bungan Lantana berwarna oranye menyala dan sesekali ada yang berwarna merah muda. Jika anda mau mengabadikan momen berfoto, di sebelah timur pantai Baron saja disediakan beberapa kedai pandang untuk berfoto.

Tanyakan Hal Ini Sebelum Membayar Pantai Indrayanti

pantai di gunung kidul Anda pun tidak perlu khawatir karena berenang disini aman asalkan anda bisa berhati-hati dan sudah terbiasa berenang sebelumnya. Kabupaten Gunungkidul sangat dikenal dengan keindahan pantainya yang berpasir putih, salah satu pantai yang bisa sobat temukan di Gunung Kidul adalah Pantai Indrayanti, pantai yang satu ini menawarkan pemandangan alam yang sangat istimewa sangat menenangkan banyak wisatawan yang datang dan menghabiskan masa liburan di sana, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan mulai dari bermain air, bermain di pantai hingga kemping. Di situ akan tampak bukit yang menjulang pada bagian timur dan barat pantai. Track yang kami lalui selepas dari kota adalah area rural yang cukup tandus, walaupun masih diselingi kebun-kebun jati muda yang sedang meranggas. Banyak objek wisata pantai di Yogyakarta contohnya obyek wisata Pantai Baron,Pantai Kukup, Pantai Krakal, pantai Sundak, pantai Siung, pantai Indrayanti,pantai Sepanjang, pantai Drini dan pantai lainya yang tak kalah indahnya. Setelah melewati Jembatan kali oyo kami masih mengalami medan yang menanjak menuju Gunung kidul, Pantai pertama tujuan kami adalah pantai Sadeng. Rantau Baron berlokasi dalam desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bukit Kidul, Yogyakarta. Gunung Kidul selain dikenal dengan pantainya juga dikenal dengan guanya yang sangat indah, gua gelatik termasuk salah satu dari beberapa tempat wisata di gunung Kidul paling populer yang wajib dikunjungi, pemandangan di dalam Goa sangatlah eksotis karena sobat bisa menjumpai stalagtit dan stalagmit yang sangat cantik, panjang gua ini mencapai 400 meter, saat ingin menjelajahi bawah ini sebaiknya sobat mengikuti aturan yang ada dan jangan berlaku sembarangan, lokasi gua ini ada di kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunung Kidul.

Salah satu yang istimewa merupakan wisata alamnya dengan dikelola dengan indah oleh pemerintah kawasan. Pantai sepanjang mirip dengan pantai Pasirpadi yang ada di Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung. Pantai ini sudah cukup dikenal dikalangan masyarakat terutama wisatawan. Berbeda dengan pantai-pantai yang ada di Bantul dengan pasir hitam, di Gunung Kidul pantainya berpasir putih, termasuk di pantai Sepanjang. Salah satu yang paling banyak disukai para pengunjung yakni pasir putihnya yang sangat indah. Selain tersebut lokasi objek wisata Pantai Siung tersebut tidak terlalu jauh dari pusat metropolitan. Daya tarik dari Pantai Timang adalah jembatan penyebrangan dan gondola untuk menyebrang ke pulau di sebrangnya.



Mungkin dulu anda ketika berlibur kesini harus melewati jalan yang bisa di bilang masih sempit dan tikungan yang tajam. Anda bisa menikmati indahnya pemandangan sekitar dengan menyenangkan. Indahnya pantai pasir putih, bukit karang dan ombak yang tenang akan jadi teman setia selama camping di pantai cantik ini. Di selatan lokasi Bantul ini berderet beberapa pantai secara memiliki keindahan serta kekhasan masing-masing, oleh salah satunya merupakan Pantai Goa Eru. Namun, pantai ini memiliki pesona tersendiri, seperti bukit yang panjang nan hijau di sudut pantai, air yang jernih, batu karang yang unik, ombak yang tenang serta semilir angin sejuk. Ganasnya ombak pantai selatan dan banyaknya karang tidak memungkinkan nelayan untuk membawa perahu ke Pulau Karang tersebut.



Barangkali itu dulu daftar pantai-pantai di Gunung Kidul yang bisa saya rekomendasikan. Karena lingkungan tersebut, masyarakat setempat kemudian berinisiatif untuk membangun "Omah Salak" untuk menerbangkan kembali semangat para petani dan minat pembeli. Wisata liburan di pantai merupakan salah satu sasaran utama untuk melepas penat. Masih mengenai pantai, gunung kidul memang terkenal dengan pantainya yang istimewa pantai berikutnya yang sangat unik adalah Pantai Pok Tunggal Pantai Pok Tunggal adalah pantai yang lokasinya cukup sulit untuk dijangkau namun jika sudah sampai ke pantai tersebut pengunjung akan Terkesima dengan keindahan yang dilihatnya, keunikan dari pantai ini adalah banyaknya tebing yang menghiasi pantai, ketinggian tebing yang ada di pantai ini bahkan mencapai 440 meter, Selain itu ada sumber mata air tawar yang bisa sobat temukan di sekitar tebing pantai tersebut jika beruntung sobat juga bisa melihat monyet liar bermain-main disana. Goa Selanjutnya yang juga sangat unik dan indah adalah gua seropan, Gunungkidul memang terdapat banyak sekali tebing jadi tidak mengherankan jika di sana ada banyak sekali tempat wisata yang berupa goa, goa ini banyak dikunjungi oleh wisatawan yang senang untuk menyusuri Goa dan juga melakukan panjat tebing, bagi yang hobi menguji adrenalin Goa ini siap untuk menantang keberanian sobat, lokasi ini ada di desa semuluh Kecamatan Semanu kabupaten gunung kidul. Di pantai ini anda bisa menemukan dua jenis air yaitu air tawar dan air asin. Menara tinggi yang terserondok di dekat lembah, untuk dapat cukup ke menara kamu harus melalui tangga berbatu di sisi timur pantai.



View matahari terbenam di pantai ini sangat cantik dan jelas, sehingga direkomendasikan untuk mengunjunginya di sore hari. Fasilitas terbaru masih berupa instalasi panel listrik tenaga surya supaya malam hari tidak gelap. Hal ini olehkarena itu memang airnya sangat jernih, bahkan daya pantai ini kira-kira satu meter aja pada bagian tepinya. Identitas Baron berasal daripada seorang tokoh Belanda bernama Baron Sekeber, Baron adalah seorang bangsawan Belanda secara ilmu kesaktian tinggi, ia bahkan mampu melawan Panembahan Senopati pendiri Kesultanan Mataram. Dengan eksotisme yang khas, serta karakterisik bangunan yang unik dan berbeda dari pantai di Gunung Kidul pada umumnya. Buat Bro n Sist yang menyukai suasana tersekat, sangat cocok guna mengunjungi pantai terkait. Suasana pantainya sedang sepi sehingga berasa hening dan damai layaknya berada pada sebuah private beach.