SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN SPESIALISASI KEAHLIAN ANGGOTA  PALANG MERAH REMAJA DALAM LOMBA PALANG MERAH MENGGUNAKAN METODE PROFILE MATCHING (Study Kasus: PMR SMA NEGERI 11 SURABAYA)

DANIS NOVITA PERDANA

Abstract


Abstrak


Palang Merah Remaja (PMR) adalah organisasi kepemudaan bentukan Palang Merah Indonesia (PMI) yang berpusat di sekolah – sekolah atau kelompok masyarakat contohnya PMR SMA Negeri 11 Surabaya. PMR SMA Negeri 11 Surabaya atau lebih dikenal dengan BRIPERAXIS memiliki banyak program kerja, diantaranya adalah Lomba Palang Merah. Dalam setiap lomba palang merah terdapat beberapa cabang lomba. Maka dibutuhkan spesialisasi keahlian bagi para anggota. Sehingga dirasa perlu adanya sebuah sistem pendukung keputusan untuk membantu pelatih dalam memutuskan keahlian yang tepat.


Sistem Pendukung Keputusan adalah sebuah sistem yang memberikan dukungan kepada seorang manajer dalam memecahkan masalah dengan memberikan informasi atau saran mengenai keputusan tertentu. Sedangkan Profile Matching adalah sebuah metode yang sering digunakan dalam hal manajemen SDM. Metode ini akan membandingkan antara profile anggota dengan profile keahlian. Aspek yang akan dinilai adalah minat/kemauan, kemapuan dan psikologi.


Dengan sebuah Sistem Pendukung Keputusan dan metode profile matching yang digunakan, dapat membantu pelatih dalam memutuskan keahlian yang tepat bagi anggotanya untuk dilatih. Sehingga anggotanya dapat mengikuti cabang lomba yang sesuai dengan keahlian, bakat dan minat yang dimiliki anggota.


 


Kata Kunci : Palang Merah Remaja, BRIPERAXIS, Spesialisasi Keahlian, Sistem Pendukung Keputusan, Profile Matching.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.