RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT DEGENERATIF

SANDY RAMA DHANI

Abstract


Abstrak


Penyakit degeneratif secara umum didefiniskan sebagai penyakit yang disebabkan oleh proses penurunan fungsi organ tubuh yang umumnya terjadi pada usia tua. Penyakit ini mempunyai banyak ragam dan gejaladan seringkali  menyerang masyarakat pada umumnya. Sehingga keberadaan sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit degeneratif ini merupakan langkah tepat agar masyarakat  dapat melakukan diagnosa penyakitnya lebih awal  tanpa bantuan seorang dokter.


Aplikasi sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit degeneratif ini menggunakan metode Dempster-shafer. Pasien diminta untuk memasukkan data registrasi sebelum melakukan diagnosa. Setelah pasien memasukkan data, maka aplikasi akan menampilkan tampilan gejala yang tersedia dan pasien akan memilih gejala yang diderita. Setelah pasien memilih gejala, maka sistem ini akan memberikan kesimpulan dari hasil diagnosa sesuai dengan gejala dan perhitungan dari teori Dempster-shafer.


Berdasarkan hasil implementasi dan analisis sistem pada penerapan metode Dempster-shafer untuk mendiagnosa


penyakit degeneratif, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode Dempster-shafer mampu menjawab permasalahan tesebut, pengguna akan memasukkan gejala yang dialami kemudian sistem akan memproses data sehingga diperoleh hasil penyakit yang diderita disertai nilai densitas, cara pengobatan dan pencegahannya.


 


Kata kunci: Penyakit Degeneratif, Sistem Pakar, Metode Dempster-shafer.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.