RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR IDENTIFIKASI PENYAKIT FISIK AKIBAT KERJA DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR

NANDA AMALIA

Abstract


Abstrak


Selama ini, identifikasi penyakit fisik akibat kerja jarang dilakukan oleh pekerja sendiri. Identifikasi selama ini dilakukan secara manual, dengan selalu membutuhkan tenaga ahli atau dokter untuk bisa mengetahui penyakit apa, apa penyebabnya, dan bagaimana pencegahan dari penyakit tersebut berdasarkan gejala yang pekerja rasakan.


Dengan perkembangan teknologi yang sangat modern, maka dikembangkan pula suatu teknologi yang mampu mengadopsi cara berfikir manusia yaitu teknologi Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan seperti pada aplikasi tugas akhir ini. Ada 2 tipe user disini, yaitu Admin (Dokter / Pakar) dan juga Pasien (Pekerja). Admin bisa mengakses dan mengolah data master, sedangkan Pasien hanya bisa melakukan identifikasi penyakit mereka dengan cara memilih gejala yang dirasakan dan kemudian Pasien  bisa  mendapatkan  hasil  dari  identifikasi  itu  berupa  penyakit  yang  diderita,  penyebab, pengobatan, pencegahan dan juga faktor kepastian dari penyakitnya.


Sistem diagnosa penyakit fisik akibat kerja ini menggunakan metode certainty factor untuk metode


aplikasi diagnosa ini dan juga menggunakan forward chaining untuk alurnya, yang akan melakukan penelusuran apabila faktanya benar maka akan melakukan penelusuran kedalam, dan jika faktanya salah maka sistem akan melakukan penelusuran kesimpulan akar terdekat. Sehingga menghasilkan sebuah diagnosa penyakit fisik akibat kerja, serta memberikan rekomendasi berupa cara pencegahan dan pengobatan sesuai dengan gejala yang diderita oleh pasien.


Kata kunci: sistem pakar, certainty factorm penyakit fisik kerja


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.