IMPLEMENTASI SIMULASI JARINGAN KOMPUTER MULTI DEVICE DENGAN MENGGUNAKAN GNS3

I Gusti Lanang Putra Eka Prismana, Basyaruddin Chilmi

Abstract


Cisco merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi perangkat jaringan seperti router dan switch, mahalnya biaya untuk sebuah perangkat jaringan produksi Cisco, maka alternatif untuk mempelajari perangkat produksi Cisco adalah dengan memanfaatkan aplikasi simulasi jaringan yang bernama Cisco Packet Tracer. Karena keterbatasan penggunaan Cisco Packet Tracer itulah hadir sebuah komunitas berusaha mengembangkan aplikasi open source untuk simulasi jaringan, lahirlah GNS3 (Graphical Network Simulator 3). Dengan aplikasi GNS3 pengguna dapat membuat topologi jaringan seperti topologi mesh juga dapat dikonfigurasi menggunakan routing OSPF sebagai media pembelajaran dalam bidang jaringan komputer.
Pada simulasi ini merupakan pengembangan dari tugas akhir dengan judul “Simulasi Jaringan Backbone Untuk Mengatasi Bridging Loop Menggunakan Spanning Tree Protocol” yang kemudian dikonfigurasi ulang menggunakan topologi mesh yang menggabungakan antara router dari Cisco IOS dan MikroTik RouterOS yang di integrasikan menggunakan routing OSPF.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan GNS3 mampu mensimulasikan jaringan komputer multi device dengan baik dapat melakukan hubungan antara GNS3 pada dua komputer berbeda dan juga dapat dikonfigurasi untuk tersambung di jaringan internet.
Kata kunci : GNS3, OSPF, Topologi Mesh

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.