PERANCANGAN & PEMBUATAN PERANGKAT LUNAK PELACAKAN REKAM JEJAK SISWA PADA E-LEARNING SMKN SURABAYA DENGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK PANADA

Ni Luh Putu Ayu Nena Saraswati . A

Abstract


Teknologi informasi dan pendidikan di Indonesia berkembang pesat dari waktu ke waktu. Di era sekarang ini tidak jarang teknologi informasi dan pendidikan di gabungkan guna mendapatkan pendidikan yang baik dan modern, seiring berjalannya waktu pun kebutuhan teknologi informasi di dunia pendidikan juga sangat diperlukan guna menunjang kemampuan belajar siswa. Kebutuhan pendidikan saat ini sangat bergantung pada infrastruktur teknologi informasi terutama dalam menjalankan oprasionalnya. Sementara itu, kebutuhan teknologi informasi juga semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan sumber daya IT pendidikan tersebut.


Implementasi Hasil perancangan ini merupakan proses pembangunan komponen-komponen pokok sebuah sistem informasi berdasarkan analisis dan desain sistem yang sudah dibuat. Pada tahapan ini penulis mengimplementasikan kedua tahapan di atas untuk mengerjakan E-learning SMK Surabaya. Dalam pengembangan sistem informasi ini, teknologi yang digunakan adalah dengan menggunakan teknologi berbasis web, dimana dalam proses pengaplikasiannya sistem ini membutuhkan beberapa komponen antara lain, MySQL, dan browser yang mendukung seperti Google Chrome,Mozilla Firefox.


Merancang perangkat lunak untuk perekaman dan pelacakan data siswa pada aplikasi E-learning SMK Surabaya dengan menggunakan framework panada lebih terstruktur dan lebih cepat dibandigkan dengan menggunakan php yang murni, serta perangkat lunak ini dapat menyimpan semua aktivitas siswa kedalam database yang ada.


Kata Kunci : e-learning, log activity, siswa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.