IMPLEMENTASI NOTIFIKASI DENGAN SMS PADA THE DUDE NETWORK MONITORING (IMPLEMENTASI NOTIFIKASI DENGAN SMS PADA THE DUDE NETWORK MONITORING)

TRIANA FARIDA

Abstract


Pada era digital ini, teknologi jaringan berkembang dengan pesat dan semakin kompleks. Banyaknya traffic yang akan di layani membuat diperlukannya kegiatan monitoring jaringan. Dalam kegiatan monitoring administrator IT membutuhkan metode monitoring dengan penyelesaian yang cepat dan dapat dikendalikan secara remote, karena administrator  IT tidak selalu standby di tempat.


Dari permasalahan tersebut penulis memunculkan gagasan kegiatan monitoring mengirim notifikasi yakni dengan skenario monitoring via lokal dan via remote atau PPTP Tunnel, implementasi  monitoring pada jaringan  di  JTIF (Jurusan Teknik Informatika Unesa), Terdapat 4 AP Client yang terhubung di router JTIF yang akan dimonitoring dan 1 AP Dummy untuk simulasi SMS. Metode menggunakan Protokol ICMP (Internet Control Management Protocol) yang berjalan pada aplikasi The Dude untuk  mengetahui status koneksi, serta Plink tool sebagai jembatan komunikasi antara MikroTik SMS Gateway dengan The Dude.


Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dengan monitoring via lokal maupun via remote dapat memberikan notifikasi pesan SMS terhadap kondisi network device client. Polling time default pada The Dude pada monitoring via lokal memberikan notifikasi pesan setelah 2 menit 40 detik setelah device dianggap down sedangkan via remote memberikan notifikasi pesan yakni 2 menit 40 detik. Jaringan lokal lebih stabil dibandingakan via remote terbukti pada jaringan via remote terdapat RTO (Run time Error) pada saat pengecekan status koneksi jaringan. Pada hasil akhir simulasi smartphone dapat menerima notifikasi sms network device client mengenai status device dari up ke down maupun dari down ke up.


Kata Kunci: The Dude, SMS, ICMP, Plink, MikroTik SMS Gateway


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.