IMPLEMENTASI APLIKASI MANAJEMEN PENGGUNA DAN GRUP BERBASIS ACTIVE DIRECTORY MENGGUNAKAN TEKNOLOGI .NET

PUTRI DEVI KURNIA

Abstract


Di Windows Server 2012R2 mempunyai tools active directory users and computers tersebut digunakan untuk membuat manajemen user atau group. Tetapi menambahkan pengguna di active directory harus satu persatu jika usernya banyak yang di tambahkan pasti membutuhkan waktu yang lama.


Implementasi manajemen user atau grup dibuat dengan memanfaatkan namespace System.Directoryservices merupakan library yang disediakan oleh .NET framework untuk mengakses Active Directory. Pembuatan user dilakukan dengan menambahkan properties sAMAccountName (nama akun), givenname (nama depan), sn (nama belakang). Untuk pembuatan grup dilakukan penambahan properties sAMAccountName (nama akun grup), groupType (tipe security grup). Pembuatan banyak pengguna dengan import data dari excel ditampilkan pada datagridview kemudian  pembuatan user yang import disimpan  pada active directory.


Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan pada aplikasi manajemen pengguna dan grup yang sudah dibangun dapat membuat satu pengguna, hapus pengguna, membuat grup, menambahkan pengguna ke grup, menghapus pengguna dari grup, pencarian detail pengguna, membuat banyak pengguna, membuat banyak grup dengan cara import data dari data excel.Dari hasil perbandingan kecepatan pembuatan pengguna untuk 1 pengguna terdapat selisih 1,33 detik lebih cepat Windows Server 2012, untuk 5 pengguna mempunyai selisih 53,54 detik lebih cepat menggunakan aplikasi sedangkan untuk 10 pengguna mempunyai selisih 80,62 detik lebih cepat menggunakan aplikasi. Maka semakin banyak pembuatan pengguna di windows server 2012 membutuhkan waktu yang cukup lama sedangkan dengan aplikasi terdapat selisih semakin besar dan lebih cepat menggunakan aplikasi. Kekurangannya pengaturan home directory belum bisa dilakukan secara automatis.


 


Kata Kunci : Active Directory User and Computers, Windows Server 2012R2, Directory Services ,C#.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.