PENGEMBANGAN APLIKASI TATA KELOLA LABORATORIUM BERBASIS WEB PADA JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Risma Rizky Ramadhani

Abstract


Pengolahan data merupakan suatu hal rutinitas lembaga pendidikan, khususnya pada Universitas Negeri Surabaya. Sehingga perlu dibudayakan sistem informasi dengan baik untuk pengelolaan administrasi penilaian. Pada laboratorium di Teknik Informatika  menggunakan komputer sebagai sarana untuk mengerjakan kegiatan yang berkaitan dengan administrasi maupun manajemen, namun masih sebatas untuk mengetik jadwal praktikum, mendata inventaris laboratorium dan mengetik laporan lainnya, kegiatan tersebut belum menggunakan program khusus untuk membuat laporan yang berhubungan dengan pengolahan data maupun inventaris laboratorium sehingga mengakibatkan keterlambatan dalam pendataan jadwal praktikum dan data barang atau alat yang terdapat di laboratorium. Hal ini dapat menghambat proses laporan manajemen laboratorium dan tidak dapat digunakan sebagai sarana keputusan.


Pengembangan Aplikasi Tata Kelola Laboratorium Teknik Informatika Universitas Negeri Surabaya  ini dirancang untuk mengolah data absensi pengunjung, data kegiatan laboratorium, perawatan barang dan mencetak kartu bebas laboratorium  dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL.


Aplikasi ini berbasis web mempunyai kemampuan dapat diakses dimanapun. Aplikasi Tata Kelola Laboratorium Teknik Informatika Universitas Negeri Surabaya terdiri lima bagian penting yaitu, sistem peminjaman barang, peminjaman ruangan laboratorium, mencetak kartu bebas laboratorium, membuat barcode untuk kode masing-masing barang dan perawatan barang laboratorium serta terdapat lima hak akses yang terdiri dari koordinator laboratorium atau admin, mahasiswa, dosen, karyawan dan kepala sub bagian laboratorium.


Kata Kunci : Tata Kelola,Laboratorium, Aplikasi Tata Kelola Laboratorium


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.