PENGARUH KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK TERPADU (SIAKADU) TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA

Alif Rizky Praditya

Abstract


Tujuan dari penelitian ini diantaranya untuk (1) mengetahui tingkat kesesuaian layanan SIAKADU yang berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa, (2) mengetahui tingkat kesenjangan antara kinerja layanan SIAKADU saat ini dengan yang diharapkan oleh mahasiswa, (3) mengetahui atribut layanan yang berpengaruh dan dianggap penting oleh mahasiswa berdasarkan kelima dimensi Servqual, dan (4) memetakan prioritas perbaikan layanan SIAKADU berdasarkan identifikasi atribut layanan yang dianggap penting dengan menggunakan ImportancePerformance Analysis. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dimana data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode Servqual, Gap Analysis, dan IPA Model. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya angkatan 2015-2018, penentuan jumlah responden pada penelitian ini menggunakan rumus Slovin yang diketahui berjumlah 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) dilihat dari rata – rata keseluruhan tingkat kesesuaian layanan SIAKADU berdasarkan lima dimensi Servqual, diketahui nilai persentase sebesar 80% dan berdasarkan kriteria Steers nilai 80 sudah termasuk dalam kategori baik, (2) dilihat dari rata – rata keseluruhan tingkat kesenjangan kinerja layanan SIAKADU dengan harapan mahasiswa diketahui nilai kesenjangan sebesar -0,90, meskipun berdasarkan tingkat kesesuaian sudah baik namun masih memiliki kesenjangan antara kinerja layanan SIAKADU dengan harapan mahasiswa, (3) dilihat dari diagram kartesius pada IPA Model dapat diketahui sebanyak 22 atribut layanan yang telah dipetakan pada Kuadran A, B, C, dan D, (4) melakukan perbaikan dan evaluasi kinerja layanan SIAKADU yang terdapat pada IPA Model, dan khususnya yang terdapat pada Kuadran A yang perlu diprioritaskan untuk dilakukan perbaikan layanan.

Kata Kunci : Kualitas Layanan, SIAKADU, Tingkat Kesesuaian, IPA Model, Servqual, GAP Analysis


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.