PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL MELALUI PEMBELAJARAN FUTSAL TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING KAKI DALAM DI SMP NEGERI 3 SUGIO

AKHMAD AL BAREZI, SUDARSO

Abstract


Abstrak

Media Audio Visual merupakan gabungan antara media audio dan media visual juga dapat diartikan sebagai media pandang dan dengar. Media audio visual dapat menjadi solusi untuk memberikan variasi dalam penyampaian materi pada penyajian bahan pembelajaran untuk siswa yang semakin sulit ini. Tujuan pada penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan media audio visual terhadap hasil belajar passing pada futsal, (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan media audio visual terhadap hasil belajar passing pada futsal di SMP Negeri 3 Sugio. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan pendekatan kuantitatif desain penelitian Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan dua tes yaitu tes pengetahuan menggunakan soal esai untuk peserta didik terhadap pengetahuan futsal dan tes keterampilan passing pada futsal. Pre-test diberikan pada pertemuan pertama dan dilanjutkan dengan post-test pertemuan keempat lalu treatment akan dilakukan selama dua kali pertemuan yaitu pada pertemuan kedua dan ketiga. Hasil dari pengolahan data untuk kelompok eksperimen terdapat peningkatan hasil belajar dengan penerapan media audio visual yang telah dibuktikan pada perhitungan presentase pengaruh yaitu pada kelompok eksperimen aspek keterampilan untuk passing sebesar 69%, dan aspek pengetahuan untuk passing sebesar 39%, Sedangkan pada hasil perhitungan untuk kelompok kontrol terdapat peningkatan pada hasil belajar penerapan media audio visual yang telah dibuktikan dengan perhitungan presentase pengaruh yaitu pada kelompok eksperimen aspek keterampilan untuk passing sebesar 10%, aspek pengetahuan untuk passing sebesar 14%. Telah diketahui untuk variabel passing kelompok eksperimen mendapat hasil yang meningkat lebih besar dari kelompok kontrol baik dari aspek keterampilan maupun pengetahuan sehingga terdapat pengaruh dari penerapan media audio visual melalui pembelajaran futsal terhadap hasil belajar passing dengan kaki dalam.

Kata Kunci : audio visual, passing, futsal

Abstract

Audio Visual Media is a combination of audio and visual media which can also be interpreted as a medium of sight and hearing. Audio visual media can be a solution to provide variations in the delivery of material in the presentation of learning materials for students who are increasingly difficult. The purposes of this study are: (1) to find out whether there is an effect of the application of audio-visual media on the learning outcomes of passing on futsal, (2) to find out how much influence the application of audio-visual media on the learning outcomes of passing on futsal at Sugio 3 junior high school. The research used quasi-experimental research with a quantitative approach to the Randomized Control Group Pretest-Posttest Design research design. For data collection, researchers used two tests namely knowledge tests using essay questions for students about futsal knowledge and passing skills tests on futsal. Pre-test is given at the first meeting and continued with the fourth post-test meeting then treatment will be conducted during two meetings, namely at the second and third meetings. The results of data processing for the experimental group there is an increase in learning outcomes with the application of audio visual media that has been proven in the calculation of the percentage of influence, namely in the experimental group the aspects of skills for passing by 69%, and aspects of knowledge for passing by 39%, while the results of calculations for groups control there is an increase in learning outcomes of the application of audio visual media that has been proven by calculating the percentage of influence in the experimental group the aspects of skills for passing by 10%, aspects of knowledge for passing by 14%. It is known that the passing variable of the experimental group gets results that are greater than the control group in terms of both skills and knowledge so that there is an influence from the application of audio-visual media through futsal learning on the results of learning to pass with the foot in.

Keywords: audio visual, passing, futsal



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.