PENGARUH PERMAINAN KECIL TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN

BRILIAN ALVIN KURNAIN

Abstract


Abstrak

Pendidikan adalah usaha sadar manusia yang tersusun dan terencana secara sistematis dan tersusun dalam sebuah rangkaian kegiatan pembelajaran yang dilakukan baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Salah satunya adalah mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan, merupakan salah satu bagian yang penting dalam pendidikan nasional, dikarenakan untuk menjaga kebugaran jasmani siswa, melatih keterampilan gerak siswa dan turut memajukan pendidikan di Indonesia. Pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah oleh guru hendaknya dilakukan dengan memilih pendekatan pembelajaran yang tepat, sehingga akan mendukung keberhasilan pembelajaran itu sendiri. Penggunaan pendekatan pembelajaran yang tepat akan berpengaruh pada keaktifan dan ketertarikan siswa terhadap pembelajaran yang akan diajarkan, sehingga hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Sedangkan pembelajaran yang sedang dikembangkan kini adalah dengan permainan. Proses pembelajaran dengan bentuk permainan yang akan diajarkan ini dirasa akan lebih efektif karena siswa akan lebih termotivasi dalam gerak. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui pengaruh permainan kecil terhadap keaktifan siswa pada proses pembelajaran PJOK kelas VIII SMP Negeri 2 Sidoarjo. 2) Mengetahui besarnya pengaruh permainan kecil terhadap keaktifan siswa pada proses pembelajaran PJOK kelas VIII SMP Negeri 2 Sidoarjo. Metode penelitian ini menggunakan jenis eksperimen murni dengan pendekatan kuantitatif serta desain penelitian randomized control group pretest-posttest design. Data dikumpulkan dengan analisis video melalui instrumen Analisa Proporsi Fokus (APF). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sidoarjo dengan jumlah sampel yang diambil yaitu dua kelas berjumlah 68 siswa. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan pada kelompok eksperimen ada pengaruh permainan kecil terhadap keaktifan siswa dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada siswa kelas VIII yang dapat dibuktikan dengan persentase active time allotment atau waktu yang disediakan oleh guru untuk siswa melakukan aktivitas selama proses pembelajaran meningkat sebesar 8,34% dan persentase students direct engagement atau total siswa yang mengikuti proses pembelajaran per jumlah siswa dalam pembelajaran meningkat sebesar 2,84% pada saat diberi perlakuan permainan kecil. Sedangkan pada kelompok kontrol active time allotment meningkat sebesar 32% dan students direct engagement mengalami penurunan sebesar -11,04%.

Kata Kunci: permainan kecil, keaktifan siswa

Abstract

Education is a conscious human effort that is organized and planned systematically and arranged in a series of learning activities conducted both in side the and outside the classroom. One of them is physical education, exercise, and health, it is one of the important subject in national education, because it to maintains the students physical fitness, training student mobility skills and also advances Education in Indonesia. The study of physical education in schools by teachers should be done by choosing the right learning approach, which will support the success of the learning itself. The use of the right learning approach will affect students activity and interest in learning, so that student learning outcomes can be improved. Learning can be improvised with game. The learning process with of the game thought to be more effective because the students will be more motivated to move. The objectives of the study are: 1) To find out the influence of small games to the activity of students in the PJOK learning process class VIII junior high school 2 Sidoarjo. 2) To study the magnitude of the influence of small games to the activity of students in the PJOK learning process class VIII junior high school 2 Sidoarjo. This method of research used pure experiment with a quantitative approach as well as research design randomized control group Pretest-posttest design. Data was collected with video analysis through the instrument of focus proportion analysis (APF). The population in this research was grade VIII students junior high school 2 Sidoarjo with the number of samples taken from two classes totalling 68 students. Based on the results of the analysis conducted on the experimental group there is an influence small game on students activity in the learning process of physical education of sport and health in grade VIII students. The active time option or time provided by the teacher for students to conduct activities during the learning process amount to 8,34% and percentage of students direct engagement or total student who follows the learning process per student number amount to 2,84% when given a small game treatment. While in the control group the active Time option was increased by 32% and students of direct engagement experienced a decrease of -11.04%.

Keywords: small game, active students


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.