TINGKAT KEPEDULIAN SOSIAL PESERTA DIDIK PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SMPN 2 BUDURAN

Wahyu Ratri Anggarini, Listyaningsih Listyaningsih

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan tingkat kepedulian sosial peserta didik pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SMPN 2 Buduran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua peserta didik yang menempati kelas bersama ABK sejumlah 574 orang. Sampel yang digunakan yaitu 58 peserta didik kelas VII hingga kelas IX secara acak. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa peserta didik SMPN 2 Buduran memiliki tingkat kepedulian sosial pada ABK yang tergolong tinggi. Data menunjukkan bahwa sebanyak 79,31% memiliki tingkat kepedulian sosial pada ABK yang tinggi, 20,69% memiliki tingkat kepedulian sosial pada ABK dengan kategori sedang, dan tidak ada seorangpun peserta didik yang memiliki tingkat kepedulian sosial pada ABK dengan kategori rendah. Asumsi awal yang menyebutkan bahwa kemungkinan peserta didik SMPN 2 Buduran memiliki tingkat kepedulian sosial pada ABK dalam kategori sedang hingga tinggi terbukti.

Kata Kunci: Kepedulian Sosial,  Peserta didik, ABK.

 

Abstract

This study aims to describe the level of social awareness of students in Children with Special Needs at SMPN 2 Buduran. This research uses a quantitative approach with descriptive design. The population in this study were all students who shared a class with Children with Special Needs with a total of 574 people. The sample used was 58 students from grade VII to class IX randomly. The sampling technique uses proportionate stratified sampling technique. Data collection techniques are done using a questionnaire. The results of this study indicate that students of SMPN 2 Buduran have a high level of social care for Children with Special Needs. The data shows that as much as 79.31% have a high level of social care for Children with Special Needs, 20.69% have a level of social care for Children with Special Needs in the medium category, and no single student has a level of social care for Children with Special Needs in the low category. The initial assumption stating that the possibility of SMPN 2 Buduran students having a level of social care for Children with Special Needs in the moderate to high category is proven.

Keywords: Social Concern, Learners, Children with Special Needs.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.