PENGGUNAAN METODE DIRECT INSTRUCTION BERBASIS PEMODALAN SENAM FANTASI TERHADAP MOTORIK KASAR ANAK TUNAGRAHITA RINGAN

MISBAHUL MUNIR, WIWIK WIDAJATI

Abstract


Penelitian ini berdasarkan anak tunagrahita di SLB Siti Hajar Sidoarjo mengalami hambatan pada motorik kasar yaitu gerakan tangan, jongkok dan melompat. Senam merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan anak dengan cara menggerakkan anggota badan menirukan gerakan seperti meniru gerak hewan, gerakan pohon tertiup angin dan benda disekitar yang dapat membantu anak dalam mengatasi hambatan pada motorik kasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penggunaan metode direct instruction berbasis pemodelan senam fantasi terhadap motorik kasar anak tunagrahita ringan di SLB Siti Hajar Sidoarjo

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre eksperimen dan jenis rancangan penelitian one group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes. Teknik anailsis data yang digunakan dalam analisis data penelitian ini yaitu wilcoxon matched pair test. Hasil penelitian diperoleh dari hasil pre-test dan post-test. Hasil pre-test 37,49 dan hasil post-test 74,99. Sehingga diperoleh Zh=2,20 lebih besar dibanding nilai krisis 5% Zt=1,96 yang dapat diartikan bahwa ada pengaruh penerapan senam fantasi dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar pada siswa tunagrahita ringan.

Kata kunci: Direct instruction, motorik kasar, senam fantasi, tunagrahita ringan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.