PENGGUNAAN METODE FITZGERALD KEY BERMEDIA FOTO ESAI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBUAT KALIMAT SPPOK PADA ANAK TUNARUNGU

NASHRULLAH AMAL S

Abstract


Siswa tunarungu pada umumnya mengalami kesulitan dalam hal penyususunan kalimat. Penempatan dan pemilihan kata kurang tepat, sehingga kalimat menjadi kurang dipahami. Seringnya penggunaan kalimat kurang berstruktur dan kurang berpola tersebut, mengakibatkan pesan yang disampaikan oleh anak tunarungu saat melakukan komunikasi sulit dipahami dan sulit dapat dimengerti oleh lawan bicara, jika hal tersebut terus terjadi maka komunikasi yang terjalin antara anak tunarungu di dalam masyarakat akan terputus dan akhirnya mereka terssisihkan dari lingkunganya, hal ini juga akan berpengaruh terhadap perkembangan karier dan masa depan anak tunarungu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode fitzgerald key bermedia foto esai terhadap kemampuan membuat kalimat spok pada anak tunarungu kelas VII di SMPLB


         penelitian ini penulis menggunakan menggunakan rancangan pra eksperimen dengan desain pretes-postes satu kelompok yaitu sebuah eksperimen yang dilaksanakan pada suatu kelompok tanpa adanya kontrol atau pembanding.


         Terdapat perbedaan skor dari sebelum menggunakan metode fitzgerald key bermedia foto esai dengan sebelum menggunakan metode tersebut. Data hasil belajar menulis kalimat SPOK sebelum dilaksanakan intervensi metode fitzgeral key bermedia foto esai menunjukan skor dengan rata-rata rendah (pree-test). Sedangkan setelah diberi intervansi menggunakan metode fitzgeral key bermedia esai foto menunjukan adanya perubahan yang signifikan pada skor (post-test).


         Penggunaan metode fitzgerald key bermedia foto esai terhadap kemampuan menulis kalimat SPOK menunjukan adanya pengaruh signifikan pada siswa tunarungu kelas VII. Dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu ketepatan struktur kalimat, ketepatan merangkai kalimat dan kesesuain tulisan dengan foto.


 


Kata kunci : metode fiztgerald key bermedia esai foto, kalimat SPOK, Anak Tunarungu


   


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.