PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING KOMBINASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PAKET C VOKASI DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) PIONEER KARANGANYAR

Rimbun Rimbarizki, Heryanto Susilo

Abstract


Abstrak

Penelitian yang dilakukan berkaitan dengan penerapan model baru yang dikembangan oleh PP PAUD dan Dikmas Jawa Tengah. Pembelajaran Daring Kombinasi adalah model pembelajaran yang memadukan pembelajaran konvensional dengan pembelajaran e-learning sehingga peserta didik dapat mendiri melakukan pembelajaran tanpa terbatasi ruang dan waktu. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran daring kombinasi paket c di PKBM Pioneer, dan motivasi belajar peserta didik paket c melalui penerapan pembelajaran daring kombinasi, Serta faktor pendukung dan penghambat penerapan pembelajaran daring kombinasi paket c di PKBM Pioneer.

Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan pendekatan yang berfokus pada fenomena dari objek yang diteliti (fenomenologis). Pengambilan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil analisis data dilakukan  mulai dari reduksi data, display data hinggan verifikasi data. Sedangkan keabsahan data menggunakan Kredibilitas, Dependabilitas, Konfirmabilitas, dan Transferabilitas.

Dengan demikian, hasil penelitian ini mendapatkan bahwa pertama, penerapan pembelajaran daring kombinasi PKBM Pioneer meliputi tahapan persiapan, pelaksanaan, dan penilaian. Kedua, dari penerapan pembelajaran daring kombinasi berdampak pada peningkatan motivasi belajar peserta didik walaupun belum maksimal. Ketiga, faktor pendukung penerapan pembelajaran daring kombinasi di PKBM Pioneer meliputi metode pembelajaran, media pembelajaran, dan penataan lingkungan tempat belajar, sehingga tercipta situasi pembelajaran yang memungkinkan tercapainya tujuan yang telah direncanakan sebelumnya. Sedangkan untuk faktor penghambat, kurangnya fasilitas di luar lembaga sehingga hasil belajar belum maksimal.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Daring kombinasi, e-learning, motivasi belajar, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.