PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF  TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI MUSIK PADA MATERI LAGU NUSANTARA KELAS VIII E SMPN 3 SIDAYU GRESIK

MUHAMMAD WENDY FATHUR RAHMAN

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah masih banyaknya siswa di kelas VIII E
SMPN 3 Sidayu Gresik yang nilainya masih dibawah kreteria ketuntasan mengajar
untuk pembelajaran seni musik, karena belum maksimalnya model pembelajaran
yang digunakan guru dalam mengajar. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkanhasil belajar seni musik siswa di kelas VIII E SMPN 3 Sidayu Gresik dalam materi
lagu Nusantara dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.  
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas
VIII E SMPN 3 Sidayu Gresik yang berjumlah 20 siswa. Data penelitian diperoleh
dari observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan soal tes.  
Berdasarkan hasil penelitian, pada aktivitas guru yang dilaksanakan di siklusI mendapatkan jumlah nilai 58 dengan persentase 77,3% dan pada aktivitas guru di
siklus II mengalami peningkatan dengan jumlah nilai 63 dengan persentase 84%.
Pada aktivitas siswa siklus I mendapatkan jumlah nilai 58 dengan persentase
77,3% dan pada aktivitas siswa siklus II mengalami peningkatan dengan
mendapatkan jumlah nilai 66 dengan persentase 88%. Pada data hasil belajar siswa
disiklus I mendapatkan rata-rata kelas 69,95 dengan persentase 40% dan
mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata kelas 6,8 dengan persentase100%.  
Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif
tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar seni musik siswa pada materi lagu
Nusantara di kelas VIII E SMPN 3 Sidayu Gresik.
 
Kata kunci: penerapan, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, hasil belajar.


The background of this research is still a lot of students in the classroom
VIII E SMPN 3 Sidayu Gresik whose value is still below the criteria of
completeness of teaching for learning the art of music, because not maximal
learning model used by teachers in teaching. The purpose of this research is to
improve learning out comes art of music in class VIII E SMPN 3 Sidayu Gresik in
the archipelago song material by using cooperative learning Jigsaw.  
This research conducten by two cycles. The research subjects were all
students is the class VIII E SMPN 3 Sidayu Gresik totaling 20 students. Data
wwere obtained from the observation of teacher activity, student activities, and test
questions.  
Which makes the students in the class VIII E SMPN 3 Sidayu Gresik
totalling 20 students. . Data were obtained from observation activities of  students
and teachers about the test. Based on this research, the teacher activity carried on
the  cycle I to get the number 58 with a value of 77,3% and the percentage of
teachers in the cycle II of activity in creased with the nuber 63 with a percentage of
84%. At the student activity cyecle I get a percentage of the total value of 58
to77,3% an in the cyecle II student activity has in creased by 66 to get an average
of 69,95 with a percentage grade of 40% and increased in the cycle II with an
average grade of 6.8 with percentage of 100%.
From this  data, it can be concluded that the Jigsaw cooperative learning
model can improve learning outcomes art in the archipelago song material in class
VIII E SMPN 3 Sidayu Gresik.

Keyword: application, cooperative learning model type Jigsaw, Learning result.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.