PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR BRASS DAN BATTERY PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DRUMBAND GITA SISWA ANORAGA SDN MARGOREJO I/403 SURABAYA

MUHAMMAD HAIZ FAIDIL AZIZI

Abstract


Drumband Gita Siswa Anoraga merupakan unit drumband tingkat Sekolah Dasar yang mempunyai banyak prestasi. Ini tidak terlepas dari kinerja pelatih yang mempunyai metode pembelajaran yang berhasil. Sebagian besar drumband tingkat sekolah dasar tidak memuat alat musik brass dan juga pada divisi battery jarang memakai alat perkusi HTS (high tension snare) yang mempunyai tingkat ketegangan tinggi pada membrannya. Alat musik brass dan HTS hanya digunakan oleh kelompok marching band. Namun drumband Gita Siswa Anoraga sudah menggunakannya. Menjadi kesulitan tersendiri ketika mengajarkan alat musik konvensional kepada anak usia sekolah dasar dengan jumlah banyak.
Untuk teori tentang metode pembelajaran penulis menggunakan teori Sudjana. Buku Kirnadi digunakan sebagai acuan teori tentang drumband baik dari segi instrumen dan teknik dasar. Teori –teori tersebut digunakan sebagai acuan penelitian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik validitas data menggunakan tiga macam triangulasi yaitu triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Selain itu juga menggunakan sumber referensi untuk lebih menguji validitas data yang telah diperoleh.
Hasil penelitian ini meliputi instrumen musik, materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan proses pembelajaran. Dari segi instrumen Gita Siswa Anoraga berbeda dengan unit drumband tingkat Sekolah Dasar lain karena sudah menggunakan instrumen konvensional. Materi pada tahap awal ditekankan pada sikap tubuh dan baris-berbaris. Kemudian materi sesuai instrumen disampaikan secara  berurutan sesuai target. Pembelajaran sehari hari menggunakan metode ceramah, metode demonstrasi, metode kerja kelompok, dan metode latihan. Pelatih Gita Siswa Anoraga sebenarnya tidak mempunyai metode yang paten. Pelatih lebih menekankan kedisiplinan dan pemberian rasa percaya diri kepada setiap peserta didik.

Kata Kunci: pembelajaran, teknik dasar, brass, battery, ekstrakurikuler

Drumband Gita Siswa Anoraga is an elementary school marching band unit that has a lot of achievements. It is inseparable from the  coach who has a successful learning method. Most of elementary school marching band does not load brass instruments and also HTS (high tension snare) that have a high level of tension in the membrane. Brass musical instruments and HTS is only used by the marching band. However drumband Gita Anoraga Students already use. Into its own difficulties when teaching the conventional musical instruments to children of primary school age in large numbers.
For the theory of teaching methods the author uses Sudjana’s theory. Kirnadi’s books used as a reference book about the theory drumband both in terms of instruments and basic techniques. The researchers used qualitative research methods. Data collection from were observation, interviews, and documentation. Mechanical validity of the data using three kinds of triangulation and source reference.
The results of this study include musical instruments, learning materials, teaching methods, and the learning process. Music instrument of Gita Siswa Anoraga different from another elementary school drumband unit because it uses conventional instruments. The material in the early stages emphasis on posture and marching. Then the material is delivered in a sequence corresponding instrument on target. The daily learning use the lecture method, demonstrations method, group work, and the exercise. Coach of Gita Siswa Anoraga did not have a patents method. Coach emphasizes the discipline and self-confidence to all of the student.

Keywords : Learning, basic techniques, brass, battery, extracurricular


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.