PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA DI SMA NEGERI 1 NGAWI

DAVID KRISNA SUKARNO PUTRO

Abstract


Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dilakukan di luar jam pelajaran sekolah. Selain membantu siswa dalam mengembangkan minat, ekstrakurikuler juga membantu siswa untuk mengembangkan kreativitas dan kemampuannya secara penuh. Seperti halnya di SMA Negeri 1 Ngawi memiliki ekstrakurikuler dalam bidang seni,  khususnya seni musik. Salah satu kegiatan ekstrakurikuler seni musik tersebut yang menarik ialah ekstrakurikuler paduan suara yang  memiliki sedikit peminat namun banyak berprestasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan teknik perekrutan anggota penyanyi dalam kegiatan ekstrakurikuler paduan suara SMA Negeri 1 Ngawi. (2) Mendiskripsikan pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara di SMA Negeri 1 Ngawi. (3) Mendiskripsikan hasil pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara di SMA Negeri 1 Ngawi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yakni prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif melalui proses reduksi data, penyajian data, dan simpulan atau verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian ini, diketahui bahwa teknik perekrutan dalam kegiatan ekstrakurikuler paduan suara SMA Negeri 1 Ngawi yakni setiap siswa wajib menyanyikan lagu wajib nasional Garuda Pancasila, serta melakukan tes ambitus suara. Untuk menyelesaikan materi lagu rangkaian 3 Jatim membutuhkan 5x latihan dengan teknik latihan melakukan pemanasan terlebih dahulu, berlatih intonasi dan artikulasi, dan metode yang selalu digunakan adalah metode rekam, dengan metode ini para anggota paduan suara lebih cepat dalam menghafal nada sesuai intsruksi pelatih untuk menyelesaikan lagu rangkain 3 Jatim. Paduan suara SMA Negeri 1 Ngawi memiliki prestasi yang patut dibanggakan, yakni mampu mencapai tiga besar pada tingkat kabupaten serta provinsi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dalam teknik perekrutan anggota paduan suara, pelatih tidak menggunakan lembar formulir pendaftaran dan publikasi dalam bentuk poster. Ke dua dalam pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara di SMA Negeri 1 Ngawi sangat mudah, karena dalam melatih siswa, Sukarno membuat pola latihan yang sesuai dengan kemampuan siswa, dan menginstruksikan dengan bahasa sehari hari, agar siswa dapat menerima maksut dari pelatih. Ke tiga hasil pembelajaran paduan suara di SMA Negeri 1 Ngawi banyak memperoleh kejuaraan dalam perlombaan paduan suara tingkat kabupaten maupun tingkat provinsi

Kata kunci : Pembelajaran, Ekstrakurikuler, Paduan Suara

Extracurricular activities are activities that are done outside school hours. In addition to helping students to develop their interests, extracurricular activities also help students to develop their creativity and ability to the full. As in SMA Negeri 1 Ngawi have extracurricular art, especially the art of music. One of the extracurricular activities of the musical art that is interesting is extracurricular choir who have little interest yet accomplished much. The purpose of this research is (1) To describe the technique of recruiting singers in extracurricular activities choir SMA Negeri 1 Ngawi. (2) To describe the choir in extracurricular learning SMA Negeri 1 Ngawi. (3) To describe the learning outcomes of extracurricular choir in SMA Negeri 1 Ngawi. The method used in this study is a qualitative approach, the research procedure that produces descriptive data in the form of written words. Data collection techniques used were observation, interview, documentation. Data analysis technique is done interactively through the process of data reduction, data presentation, and conclusion or verification.
Based on these results, it is known that the engineering recruitment in extracurricular activities choir SMA Negeri 1 Ngawi that every student shall sing the national anthem Garuda Pancasila, as well as doing tests ambitus sound. To finish the song material circuit 3 Java requires 5x exercises with technique exercises to warm up first, practicing intonation and articulation, and the method is always used is the method of recording, with this method the choir members more quickly memorize the tone according intsruksi coach to complete the track 3 chain of Java. The choir SMA Negeri 1 Ngawi have achievements to be proud of, which is capable of reaching the top three at the district and provincial level. The conclusion of this study is in the recruiting techniques choir members, coaches do not use sheet registration forms and publications in the form of posters. Second in the implementation of learning extracurricular choir in SMA Negeri 1 Ngawi is very easy, because in training students, Sukarno made exercise pattern according to the abilities of students, and instructs the everyday language, so that students can receive maksut from the coach. All three learning outcomes choir in SMA Negeri 1 Ngawi are gaining a championship in the race choir district and provincial level

Kata kunci : Learning, Choir, Extracurricular.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.