PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA SIXER VOICE CHOIR DI SMA NEGERI 6 SURABAYA

MERRY INTAN PERMATASARI

Abstract


Salah satu wadah pembinaan siswa di sekolah yakni melalui kegiatan ekstrakurikuler. Ekstrakurikuler paduan suara Sixer Voice Choir  di SMA Negeri 6 Surabaya telah meraih banyak prestasi yang dimulai dari prestasi tingkat Nasional hingga Internasional sehingga menarik untuk diteliti.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan latar belakang berdirinya ekstrakurikuler paduan suara Sixer Voice Choir di SMA Negeri 6 Surabaya, mendeskripsikan proses pembelajaran serta faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar ekstrakurikuler paduan suara di SMA Negeri 6 Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mengambil latar di SMA Negeri 6 Surabaya. Pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyusunan data, pemeriksaan data, dan tampilan data.
Ekstrakurikuler paduan suara di SMA Negeri 6 Surabaya berdiri pada tahun 2002, awal berdirinya ekstrakurikuler paduan suara ini termotivasi saat mengisi paduan suara di Gedung grahadi pada acara Hari ulang tahun Republik Indonesia. Ekstrakurikuler paduan suara diikuti oleh 68 siswa yang terdiri dari 22 anggota laki-laki dan 46 anggota perempuan. Untuk menjadi anggota ekstrakurikuler paduan suara, calon peserta harus melewati tahap penyeleksian. Namun ketika akan mengikuti kompetisi lomba, anggota ekstrakurikuler paduan suara harus mengikuti seleksi kembali secara ketat, dengan tujuan untuk mencari anggota tim inti paduan suara yang terbaik. Dalam proses pembelajaran, materi yang diberikan tidak hanya lagu saja, namun juga teori musik yang diberikan di setiap awal pergantian materi. Materi lagu yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan acara seperti kegiatan upacara, lomba, dan kegiatan pentas lain. Pembelajaran Ekstrakurikuler paduan suara Sixer Voice Choir di SMA Negeri 6 Surabaya ini menggunakan metode latihan atau drill, demonstrasi dan tanya jawab,  dengan menggunakan media alat musik keyboard. Dari hasil evaluasi, nilai yang diperoleh anggota paduan suara sudah memuaskan. Penilaian anggota paduan suara berdasarkan kriteria-kriteria yang dibuat oleh pelatih. Faktor-faktor keberhasilan prestasi belajar yaitu dari minat bakat siswa, orang tua, pihak lingkungan sekolah dan pihak luar. Dari dukungan tersebut, telah banyak kejuaraan yang telah diperoleh oleh tim Paduan suara Sixer Voice Choir sampai dengan saat ini. Baik kejuaraan perlombaan tingkat kabupaten, Nasional hingga Internasional.

Kata Kunci: ekstrakurikuler, paduan suara, pembelajaran, prestasi, Sixer Voice Choir.

One way of developing student’s skill is through extracurricular activities. Sixer Voice Choir is one of many extracurricular activities in SMAN 6 Surabaya that has achieved many accomplishments starting from National to International level of achievement which is very interesting to be studied. The purpose of this study is to describe the background of the establishment of Sixer Voice Choir as an extracurricular in SMAN 6 Surabaya, describing the learning process and the factors that influence the success of studying choir in SMAN 6 Surabaya.
This study used qualitative approach with the setting took place in SMAN 6 Surabaya. The data collection techniques used include interviews, observation and documentation. The validity of the data is done by triangulation of sources and methods. Data analysis technique is done through the process of data reduction, data preparation, data checking, and data view.
The choir which was chosen as one of extracurricular in SMAN 6 Surabaya was established in 2002. The beginning of this extracuricular was motivated after appointed as the guests to choir in Grahadi for Indonesian’s Independence day. This extracurricular followed by 68 students consist of 22 male and 46 female members. To become a member of the choir, applicants must pass the first stage of selection. When competition season started, members of extracurricular choir must strictly follow the second stage of selection, with the aim to find a core team member of the best choir. In the learning process, the material provided are not only songs, but also music theory given at the beginning of each turn of the material. The song material is adjusted to the needs of events such as ceremonial activities, competitions, performances and other activities. This extracurricular study of Sixer Voice Choir in SMAN 6 Surabaya was using exercise or drill also demonstrations and question and answer, using the media of keyboard musical instruments. From the results of the evaluation, the value obtained by choir members is satisfactory. The rate of the choir matched criteria created by the coach. The factors of this achievement are the supports and willingness of the students, parents, the school environment and outside parties. Furthermore, there have been many winning that have been achieved by the team of Sixer Voice Choir, on both national and international level.

Keywords: Extracurricular, choir, learning, achievement, Sixer Voice Choir.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.