METODE DAN TEKNIK PEMBELAJARAN REYOG PONOROGO DI SMA NEGERI 1 PONOROGO DALAM MENCAPAI PRESTASI PADA FESTIVAL NASIONAL REYOG PONOROGO

FINA YUNI SRIANA

Abstract


Festival Nasional Reyog Ponorogo adalah ajang melestarikan budaya, mengenalkan potensi kebudayaan, ajang apresiasi siswa, serta sebagai media pengembangan potensi Pariwisata. Salah satu grup Reyog yang mengikuti festival tersebut adalah grup Reyog SMA Negeri 1 Ponorogo. Reyog SMA Negeri 1 Ponorogo adalah grup Reyog yang sering mendapatkan prestasi dalam Festival Nasional Reyog Ponorogo. Berprestasinya grup Reyog SMA Negeri 1 Ponorogo dikarenakan adanya pembelajaran Reyog, di mana dengan metode dan teknik yang dilakukan oleh SMA Negeri 1 Ponorogo, sehingga perlu dilakukan penelitian secara mendalam. Rumusan masalah penelitian adalah (1) Bagaimana metode yang digunakan dalam pembelajaran Reyog di SMA Negeri 1 Ponorogo?; dan (2) Bagaimana teknik yang digunakan dalam pembelajaran Reyog di SMA Negeri 1 Ponorogo?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu pengamatan atau observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang didapat mengungkap bahwa Strategi Pembelajaran “Reyog Ponorogo” di SMA Negeri 1 Ponorogo dalam Mencapai Prestasi pada Festival Nasional Reyog Ponorogo adalah pembelajaran dengan metode pembelajaran dan teknik pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode demonstrasi dan metode drill. Metode demonstrasi digunakan pada saat pemberian materi dan metode driil digunakan pada saat seminggu sebelum festival berlangsung. Kedua metode tersebut saling melengkapi, di mana waktu pembelajaran yang digunakan tidak lebih dari satu bulan, dengan menggunakan metode drill dapat membantu dalam pembelajaran. Berdasarkan pembahasan mengenai teknik pembelajaran yang dilakukan SMA Negeri 1 Ponorogo adalah 1) menyeleksi siswa siswi (SMA Negeri 1 Ponorogo) untuk tari Jathil dan Warok dalam mengikuti Festival Nasional Reyog Ponorogo bertujuan untuk mendapatkan penari terbaik dengan bertanggungjawab, disiplin, bekerja keras, dan 2) mendatangkan pelatih lulusan dari ISI Surakarta supaya pembelajaran benar-benar sesuai dengan kemampuan pendidik dalam bidangnya masing-masing.
 
Kata kunci : strategi, metode, teknik, Pembelajaran


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.