PERAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER REYOG DI SMA NEGERI 1 PONOROGO

ELMY YAHYA ALYASIN, TRISAKTI

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu bagian terpenting dalam kehidupan manusia. Pendidikan bisa berupa pendidikan formal, pendidikan non formal dan pendidikan informal. Salah satu pendidikan formal tersebut yaitu pada pembelajaran ekstrakurikuler Reyog. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan sistem perekrutan ekstrakurikuler Reyog di SMA Negeri 1 Ponorogo, 2) mendeskripsikan pembelajaran ekstrakurikuler Reyog di SMA Negeri 1 Ponorogo, dan 3) mendeskripsikan peran kegiatan ekstrakurikuler Reyog di SMA Negeri 1 Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan berupa penelitian kualitatif yaitu penelitian lapangan yang digunakan pada obyek yang alamiah. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Ponorogo. Pada penelitian ini obyek penelitian yang diamati adalah peran kegiatan ekstrakurikuler Reyog di SMA Negeri 1 Ponorogo. Lokasi penelitian terletak di SMA Negeri 1 Ponorogo di Jalan Budi Utomo1 Ponorogo Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, foto proses pembelajaran, video pembelajaran dan Olimpiade Ganesha LTLSR serta dokumentasi kejuaraan. Sumber data tersebut meliputi sumber data primer dan sekunder. Validasi data yang digunakan meliputi triangulasi sumber, triangulasi waktu dan triangulasi teknik.

Berdasarkan hasil dari penelitian disimpulkan bahwa peran kegiatan ekstrakurikuler Reyog di SMA Negeri 1 Ponorogo memiliki sistem perekrutan anggota yang terbagi menjadi dari 2 cara yaitu dengan mengadakan Olimpiade Ganesha LTLSR (Lomba Tari Lepas Seni Reyog) untuk memperoleh generasi penerus penari Reyog dari siswa SMP ke SMA dan mengadakan sistem perekrutan anggota ekstrakurikuler Reyog melalui jalur reguler di SMA Negeri 1 Ponorogo untuk mengembangkan bakat dan minat siswa sesuai dengan kreativitasnya dan memperoleh peluang masuk ke perguruan tinggi. Terdapat beberapa komponen pembelajaran yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran pada ekstrakurikuler Reyog diantaranya siswa, tujuan, metode, strategi, media dan evaluasi. Hal tersebut berarti bahwa ekstrakurikuler Reyog Gajah Manggolo di SMA Negeri 1 Ponorogo memiliki fungsi peran yaitu sebagai media ekspresi, media komunikasi, dan media menyalurkan bakat dan minat peserta didik serta untuk menunjang proses studi lanjut peserta didik.

Kata Kunci: Peran Ekstrakurikuler, Sistem Perekrutan, Pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.