PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER BAND PUTRI DI SMP NEGERI 1 NGRAHO KABUPATEN BOJONEGORO

LUCHI NILA ROSANADA, WARIH HANDAYANINGRUM

Abstract


SMP Negeri 1 Ngraho Kabupaten Bojonegoro menerapkan pembelajaran ekstrakurikuler musik band untuk siswi putri. Hal ini menjadi berbeda dengan ekstrakurikuler band pada umumnya yang mayoritas anggotanya siswa laki-laki. Pada pembelajaran ekstrakurikuler tersebut dalam satu grup band memerlukan kerja sama antar anggota yang dapat mengembangkan kreativitas siswa. Berdasarkan fenomena tersebut maka penulis merumuskan permasalahan tentang bagaimana pembelajaran ekstrakurikuler band putri SMP Negeri 1 Ngraho, apa saja faktor-faktor pendukung dan bagaimana hasil pembelajaran ekstrakuriler band putri.

Pendekatan pelitian kualitatif untuk menghasilkan data deskriptif. Objek penelitian yakni pembelajaran ekstrakurikuler band putri di SMP Negeri 1 Ngraho. Subjek penelitian yakni siswi kelas VII yang mengikuti ekstrakurikuler band putri. Lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Ngraho, Jalan Raya Bojonegoro No.613 Kabupaten Bojonegoro. Sumber data primer diperoleh dari Ahmad Tulus Prabowo selaku pelatih ekstrakurikuler band putri dan Ali Magfur selaku Kepala Sekolah. Data sekunder diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Untuk mendapatkan keabsahan data, penelitian ini menggunakan triangulasi data yang diperoleh dari wawancara, observasi pada saat proses pembelajaran berlangsung serta dokumen-dokumen seperti buku catatan siswa, foto-foto pendukung kegiatan ekstrakurikuler band putri. Triangulasi sumber yang diperoleh dari Ahmad Tulus Prabowo selaku pelatih, siswi putri kelas VII yang mengikuti ekstrakurikuler band putri, Ali Magfur selaku Kepala Sekolah. Triangulasi waktu untuk melihat konsistensi jawaban yang telah diberikan oleh narasumber sehingga dapat mengetahui tingkat kevalidan data.

Hasil penelitian tentang proses pembelajaran ekstrakurikuler band putri pada siswi SMP Negeri 1 Ngraho yaitu materi pengenalan alat musik band yaitu gitar, bass, piano, dan drum, pembelajaran lagu secara individu maupun kelompok dengan menggunakan metode ceramah, demonstrasi dan latihan. Hasil pembelajaran menunjukkan adanya kemampuan siswa untuk berinteraksi dengan sesama anggota grup band, mengasah kemampuan siswa dalam bidang bermusik, dan dapat menumbuhkan kemampuan siswa untuk disiplin, serta bertanggung jawab tidak hanya dalam kegiatan ekstrakurikuler band saja, namun dikegiatan sehari-hari dengan melalui pendekatan pengembangan individu, penggunaan media, dan evaluasi pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah, metode demonstrasi, metode diskusi, dan metode drill (latihan).

Kata Kunci: Pembelajaran, Ekstrakurikuler, dan Band

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.