PEMBELAJARAN DRUM PADA SISWA AUTIS SEKOLAH MUSIK INDONESIA (SMI) SURABAYA

PRASAJA DWI ASMARA, HERI MURBIYANTORO

Abstract


Studi literatur menyatakan bahwa bermain musik memiliki pengaruh positif pada anak autis. Adanya fenomena tersebut kajian mengenai proses pembelajaran musik pada siswa autis dirasakan cukup penting. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pembelajaran drum pada siswa autis; (2) mengetahui perkembangan perilaku dan keterampilan siswa autis dalam mengikuti pembelajaran drum di Sekolah Musik Indonesia (SMI) Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber, teknik, waktu, dan metode. Teknik analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil yang diperoleh; 1) Proses pembelajaran drum yang diterapkan pada siswa autis mampu meningkatkan konsentrasi mereka. Seperti yang kita ketahui, anak-anak autis biasanya hiperaktif dan sulit untuk berkonsentrasi. Ternyata pembelajaran drum ini bisa sedikit membuat mereka tenang dan akhirnya bisa berkonsentrasi dengan baik, 2) Materi yang digunakan belum sepenuhnya berpusat pada anak autis, 3) Metode yang diterapkan yaitu; metode reading, demonstrasi, bagian, drill, 4) Hasil pre-test dan post-test menunjukkan adanya perkembangankonsentrasi, perilaku, dan keterampilan bermain drum sesuai dengan tingkat dan kategori siswa autis. Simpulan yang diperoleh bahwa pembelajaran drum yang diterapkan pada anak autis mampu menstimulus sensor motorik anak dalam ranah kognitif, afektif, maupun psikomotorik hingga mengalami peningkatan konsentrasi, keterampilan, melakukan kontak mata, mengendalikan kebiasaan, dan mengontrol emosi.

Kata Kunci: Pembelajaran Musik, Drum, Autis


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.