PEMBELAJARAN TARI BATIK KUPANG DI SANGGAR TARI KREASI DANCE SIDOARJO (KDS) KABUPATEN SIDOARJO DALAM MENCAPAI PRESTASI

MUHAMMAD NUR MUSLIMIN, TRISAKTI

Abstract


Sanggar Kreasi Dance Sidoarjo di bawah naungan Dinas Kepemudaan Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Sidoarjo. Sanggar ini memiliki prestasi di tingkat daerah, provinsi, bahkan nasional. Pembelajaran di sanggar tersebut menggunakan rolling siswa dan evaluasi pembelajaran diadakan dengan ujian kenaikan tingkat kelas. Sanggar Tari KDS mengikuti Sidex Workshoop And Competition dan berhasil mendapatkan Juara pertama dengan Tari Batik Kupang. Pembelajaran tari Batik Kupang di Sanggar Tari KDS menggunakan model pembelajaran langsung rolling siswa dan arah hadap. Pembelajaran tersebut menarik untuk diteliti. Rumusan masalah: 1) Bagaimana pembelajaran tari Batik Kupang di Sanggar Tari Kreasi Dance Sidoarjo?, 2) Bagaimana hasil pembelajaran tari Batik Kupang di Sanggar Tari Kreasi Dance Sidoarjo?, 3) Apa saja faktor pendukung keberhasilan pembelajaran Tari Batik Kupang di Sanggar Tari Kreasi Dance sidoarjo?

Untuk menjawab rumusan masalah penelitian dengan teori diantaranya teori pembelajaran, komponen pembelajaran, Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar, dan faktor pengaruh hasil belajar Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengambilan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan perekaman. Untuk mengetahui validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan data.

Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pembelajaran tari Batik Kupang di Sanggar Tari KDS dilakukan dengan model pembelajara langsung rolling siswa atau tukar tempat dan menggunakan empat arah hadap. Rolling siswa dan empat arah hadap membantu mengukur tingkat pemahaman siswa. Hasil pembelajaran dengan metode pembelajaran yang dilakukan di Sanggar Tari KDS dapat membantu peserta didik dalam mencapai prestasi yang diketahui dari penilaian proses pembelajaran dan hasil penilaian dalam mengikuti kompetisi. Keberhasilan pembelajaran dipengaruhi dari faktor internal meliputi IQ (kecerdasan), minat, bakat, motivasi belajar, dan kondisi kesehatan. Selain itu faktor eksternal meliputi lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat, jenjang kelas, sarana sanggar, cara mendidik (model pembelajaran), dukungan orang tua, dan pertemanan.

Kata Kunci: Pembelajaran Tari Batik Kupang, Faktor Pendukung.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.