PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER ANGKLUNG DI SDN BANJARAGUNG 1 KABUPATEN MOJOKERTO

SIWI RAHAJENG PUSPITA SARI, AGUS SUWAHYONO

Abstract


Pendidikan karakter di SDN Banjaragung 1 Kabupaten Mojokerto terbentuk melalui materi yang diajarkan dan pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan ketika proses pembelajaran ekstrakurikuler angklung berlangsung. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler angklung, 2) Nilai-nilai pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler angklung di SDN Banjaragung 1 Kabupaten Mojokerto.

Penelitian ini menggunakan teori pembelajaran dari Moedjiono dan Dimyati yaitu ada tujuh komponen dalam pembelajaran dimana satu dengan yang lain saling terintegrasi. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini yaitu pembelajaran ekstrakurikuler angklung di SDN Banjaragung 1 Kabupaten Mojokerto. Sumber data dalam penelitian ini adalah narasumber yakni kepala sekolah dan pelatih. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah mengumpulkan data, reduksi data, tahap penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa 1) pembelajaran ekstrakurikuler angklung di SDN Banjaragung 1 Kabupaten Mojokerto dilaksanakan dengan tujuan memberikan kesempatan pada siswa untuk mengekspresikan diri, serta membentuk karakter dan kepribadian siswa melalui kegiatan berkesenian; 2) Nilai-nilai pendidikan karakter melalui pembelajaran ekstrakurikuler angklung adalah disiplin, bertanggung jawab dan tekun.

Kata Kunci: angklung, ekstrakurikuler, pendidikan karakter.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.