PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN BERMAIN GITAR UNTUK ANAK USIA 8 – 12 TAHUN

Muhammad Fahrian Noor, SETYO YANUARTUTI

Abstract


Minimnya buku gitar untuk pembelajaran alat musik di Sekolah Dasar membuat guru lebih memilih alat musik pianika dan recorder sebagai media pembelajarannya. Asumsi bahwa gitar sulit untuk dipelajari juga menjadi faktor kurangnya penggunaan gitar dalam pembelajaran. Diperlukan buku yang sesuai dengan karakteristik anak yang dibuat dengan panduan cara memainkan gitar.

Model yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model ADDIE yakni Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Proses pengembangan dilakukan tahap analisis siswa, analisis konsep, analisis tujuan. Proses perancangan produk, pembuatan desain, perancangan angket validasi dan respon. Dalam proses pengembangan dilakukan pembuatan produk dan tahap validasi. Pada tahap implementasi dilakukan uji coba produk terhadap anak usia 8-12 tahun. Tahap evaluasi untuk mendapatkan persentase penilaian kualitas dan kepraktisan produk.

Hasil pengembangan sebagai berikut: pada tahap awal dilakukan analisis kebutuhan, tahap analisis siswa dilanjutkan analisis konsep. Tahap dua perancangan konsep dilanjutkan pembuatan produk. Produk divalidasi ahli materi, kegrafikan, dan bahasa. Hasil validasi didapatkan persentase 80% hasil validasi materi, 71,11% hasil kegrafikan, dan 97,14% hasil bahasa. Berdasarkan ketiga hasil tersebut produk direvisi.Selanjutnya dilakukan ujicoba produk kepada tujuh anak SDN Sidodadi 1 sebagai penggguna. Berdasarkan observasi ujicoba produk, setelah mempelajari buku panduan bermain gitar anak mampu memainkan alat musik gitar lagu Selamat Ulang Tahun dan Naik Delman secara bersama-sama yang didokumentasikan dalam format video.

Dengan demikian proses pengembangan produk buku panduan bermain gitar melalui tahap pembuatan produk berdasarkan desain, tahap penilaian kualitas dari tiga validator dengan klasifikasi sudah layak diujicobakan dan nilai kepraktisan produk diukur berdasarkan observasi anak mampu bermain gitar secara bersama-sama.

Kata Kunci: Pengembangan, Buku Panduan, Gitar, Usia 8 – 12 tahun

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.