PENGEMBANGAN MEDIA AUDIOVISUAL BERBASIS POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN TARI

Fetty Dahlya Dwi Astuti, Peni Puspito

Abstract


Pembelajaran di SMP Negeri 1 Ngraho Bojongoro belum terdapat media, sehingga pembelajaran Seni Budaya kurang diminati peserta didik. Dengan metode R&D, penelitian dibatasi melalui lima tahap, yaitu (1) Pengumpulan Data, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan Produk, (4) Validasi dan Uji Coba, (5) Uji Coba Produk. Perolehan data menggunakan acuan tabel skala likert yang dikembangkan oleh Widoyoko (2009: 238) pada Pendekatan Acuan Patokan (PAP). Tahap uji coba produk dilakukan dengan sasaran menggunakan 2 kelas, antara lain kelas VIIIA dan kelas VIIIB yang terdiri dari 20 peserta didik. Sebelum media diuji cobakan ke peserta didik, media harus terlebih dahulu melakukan tahap validasi oleh ahli materi, media dan bahasa. Hasil penilaian kelayakan mendapatkan nilai rata-rata 4,2 berarti sangat baik. Hasil penilaian keefektivan media ke peserta didik oleh guru Seni Budaya di kelas VIIIA dengan tidak menggunakan media audiovisual berbasis power point memiliki nilai rata-rata 3,4 berarti cukup, sebaliknya dengan menggunakan media audiovisual berbasis power point di kelas VIIIB memiliki nilai rata-rata 4,2 berarti sangat baik, maka dari itu dapat disimpulkan, media ini layak untuk media pembelajaran pada tingkat SMP khususnya di SMP Negeri 1 Ngraho Bojonegoro. Secara signifikan efektif meningkatkan keterampilan tari kelas VIII untuk pembelajaran Seni Budaya bidang Seni Tari.

Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.