PEMBELAJARAN GAMELAN JAWA MENGGUNAKAN APLIKASI “GATOEL” DI SMAN 1 KAWEDANAN MAGETAN

Dinni Ella Sintia, Setyo Yanuartuti

Abstract


Dalam proses pembelajaran, pendidik selalu memberikan pembelajaran yang menarik kepada peserta didiknya. Salah satunya pembelajaran Gamelan Jawa menggunakan aplikasi “Gatoel” yang diterapkan pendidik di SMAN 1 Kawedanan Magetan. Media yang digunakan smartphone berbasis OS Android. Hal tersebut  dikarenakan kurangnya sarana prasarana sekolah yaitu Gamelan Jawa, sehingga pendidik berupaya memberikan materi tentang pengenalan bermain Gamelan Jawa melalui sebuah aplikasi yang terdapat pada smartphone Android. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi dan hasil pembelajaran Gamelan Jawa menggunakan aplikasi  “Gatoel“ di SMA N 1 Kawedanan Magetan.  Metode yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas, serta metode praktik. Model dalam pembelajaran ini discovery learning, dengan pendekatan scientific learning. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Gamelan Jawa menggunakan aplikasi “Gatoel” dapat berjalan dengan baik dan sesuai prosedur pembelajaran. Hal ini dibuktikan tingkat pemahaman materi yang baik serta antusias peserta didik dalam pembelajaran ini. Hasil pembelajaran Gamelan Jawa menggunakan aplikasi Smartphone “Gatoel” di SMAN 1 Kawedanan  sudah memenuhi pencapaian tujuan dalam pembelajaran. Terbukti  respon 56% peserta didik sangat baik  dan tes akhir menunjukkan bahwa nilai rata-rata > 80 peserta didik adalah 83% dalam pembejaran ini.

Kata Kunci : Pembelajaran, Gamelan Jawa,  Aplikasi  “Gatoel”

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.