OPTIMALISASI PIT PADA SERVICE SEPEDA MOTOR di DEALER YAMAHA (UD. DWI SEMAR SAKTI JL. MASTRIP KEMLATEN 202 KARANGPILANG, SURABAYA)

DIMAS ARI WICAKSONO

Abstract


Abstrak


Dalam kehidupan sehari-hari, antrian sangat sering dijumpai disekitar kita. Dalam hal ini antrian terjadi pada saat ada pihak yang harus menunggu untuk mendapatkan pelayanan, antrian dalam skala kecil maupun besar membutuhkan penyelesaian serta solusi yang tepat dan optimal. Pada bidang otomotif, hal ini sering kita jumpai waktu servis sepeda motor dimana pemilik sepeda motor tersebut harus menunggu antrian karena jumlah pit pada suatu bengkel tidak mampu melayani jumlah motor yang datang dalam sistem antrian. Antrian dibentuk jika pelanggan yang datang melebihi kapasitas yang tersedia. Hal ini bisa merugikan konsumen karena harus menunggu dalam antrian dan kehilangan banyak waktu untuk melakukan kegiatan lain. Begitu juga sebaliknya, dampak pemberian layanan yang cepat menimbulkan biaya operasional lebih bagi perusahaan karena harus menambah fasilitas layanan. Oleh karena itu, perlu ditentukan jumlah tempat servis(pit) yang optimal dan dapat meminimalisir kerugian dari pihak bengkel maupun pelanggan. Pada karya tulis ini dilakukan analisa terhadap jumlah pelanggan yang datang, waktu kedatangan pelanggan, waktu servis dan jumlah pit. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jumlah pit yang optimal. Biaya pengadaan atau pengurangan pit dan biaya servis yang dibayar pelanggan pada Dealer Yamaha UD. Dwi Semar Sakti agar terjadi keseimbangan antara jumlah pelanggan yang datang dengan jumlah pit yang tersedia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah area tempat servis sepeda motor yang ada di Dealer Yamaha UD. Dwi Semar Sakti Jl. Mastrip Kemlaten 202 Karangpilang, Surabaya. Sedangkan objek penelitian adalah bengkel dan pelanggan dari dealer tersebut.


Kata kunci: Optimalisasi pit, jumlah pelanggan, waktu servis


Abstract


Everyday in our lives, the queues are very often found around us. In this case the queue happens when there are those who have to wait for services, queues in small and large scale requires settlement as well as appropriate and optimal solution. In the automotive field, it is often encountered when servicing the motorcycle where the owner of the motorcycle had to wait in line for the number of pits at a repair shop is not able to serve the number of motorcycles that come in the queuing system. Queues formed if the customer comes exceeds the available capacity. This could harm consumers because hartus wait in queues and lost a lot of time to do other activities. Likewise, the impact of rapid service delivery raises the cost of operating costs for the company because it had to add a service facility. Therefore, it is necessary to determine the amount of the servicing (pit) is optimal and can minimize the loss of the workshop as well as customers. In this paper to analyze the number of customers who come, the time of arrival of customers, service time and the number of pits. This study aims to determine the optimal number of pit. Pit procurement costs and servicing costs paid by customers on a Yamaha Dealer UD. Dwi Semar Sakti for a balance between the number of customers who come up with the number of pit available. This research is descriptive with quantitative approach. The subject of research is the area where the service motorcycle in Yamaha Dealer UD. Dwi Semar Sakti Jl. Mastrip Kemlaten 202 Karangpilang, Surabaya. While the object of study is the workshop and customers of the dealership.


Keywords :Pit optimization, total customer, service time


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.