PENGEMBANGAN MODUL PNEUMATIK BERBASIS LIFE SKILL DENGAN FLUIDSIM-P 3 DAN TRAINER PADA MAHASISWA D3 TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

YULIUS ANUGROHO, AGUNG PRIJO B

Abstract


Abstrak
Proses pembelajaran untuk mata kuliah pneumatik dan hidraulik pada mahasiswa D3 Teknik Mesin Unesa yang telah ada masih bersifat klasikal dan konvensional. Pemahaman mahasiswa masih bersifat abstrak dan teori, Dalam membantu pemahaman mahasiswa, maka peneliti mencoba membuat modul berbasis Life Skill tentang sistem Pneumatik yang dilengkapi dengan pembelajaran berbasis pendidikan kecakapan hidup. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada pengembangan model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (desseminate). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Hasil penilaian dosen ahli terhadap modul yang dikembangkan adalah sangat layak (90,4%). 2) Modul pneumatik dan hidraulik berbasis life skill yang dikembangkan adalah efektif. Keefektifan modul ini berdasarkan penilaian pretest dan posttest, tes ketuntasan belajar mahasiswa dan respon mahasiswa. Hasil tes ketuntasan belajar mahasiswa menunjukkan tercapainya ketuntasan belajar seluruh mahasiswa (100%) dan hasil respon mahasiswa terhadap modul pneumatik berbasis life skill adalah menarik yaitu sebesar (97,5%).
Kata kunci: Modul Pneumatik, Life Skill, FluidSIM-P 3.
Abstract
The learning process for the existing pneumatic and hydraulic courses still classical and conventional nature.Student’s understanding still abstract and theory. In helping students, so the researcher try to make Life Skill based module on pneumatic system equipped with Life Skill education based learning. Method of this research used in this research referred to 4-D model development consists of define stage, design stage, develop stage and disseminate stage. Based on the result of the research gained conclusion as follows : 1) the assessment result of expert lecturer toward module that developed are numerous (90,4%). Life Skill based pneumatic and hydraulic modul that developed is effective. The effectiveness of modul based on pretest and posttest evaluation, student study completeness result and student response. The student study completeness result show that study completeness of all students (100%) is interesting that is 97,5%.
Keywords: Modul Pneumatic, Life Skill, FluidSIM-P 3.

Keywords


Keywords: Modul Pneumatic, Life Skill, FluidSIM-P 3.

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.