PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIKUM KELISTRIKAN BODY OTOMOTIF UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MAHASISWA D3 TEKNIK MESIN UNESA

David Richo Kristanto, aris Ansori

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran berupa trainer kelistrikan sistem penerangan
yang layak digunakan untuk pembelajaran Praktikum Kelistrikan Otomotif bagi mahasiswa D3 Jurusan
Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya dalam upaya meningkatkan kualitas
pembelajaran mahasiswa D3 Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran berupa trainer yang mengacu
pada model pengembangan perangkat pembelajaran oleh Borg dan Gill yang telah dikembangkan oleh
Prof. Dr. Nana Syaodih Sukmadinata yang terdiri atas 3 tahap yaitu tahap studi pendahuluan dan tahap
studi pengembangan. Sedangkan tahap uji model tidak dilakukan karena penelitian ini hanya sebatas uji
kelayakan dan efektivitas media pembelajaran berupa trainer. Dalam penelitian ini yang bertindak
sebagai responden adalah 2 dosen ahli kompetensi kelistrikan otomotif dan 12 mahasiswa Program Studi
D3 Teknik Mesin Otomotif angkatan 2010 Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri
Surabaya yang memprogram mata kuliah Praktikum Kelistrikan Otomotif. Instrument penelitian yang
digunakan berupa angket validasi oleh dosen ahli kompetensi keahlian kelistrikan otomotif, angket respon
mahasiswa dan lembar observasi. Analisis data dilakukan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan
aktivitas mahasiswa selama belajar dengan menggunakan trainer kelistrikan sistem penerangan yang
dihasilkan. Berdasarkan hasil penelitian, ditunjukan bahwa trainer kelistrikan sistem penerangan yang
dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran mata kuliah Praktikum Kelistrikan Otomotif. Hal ini
dapat dilihat dari hasil validasi trainer oleh dosen pengajar/dosen ahli sebesar 79,580% dari skor
kriterium. Trainer Kelistrikan Sistem Penerangan yang dikembangkan juga telah memenuhi kriteria
kualitas media pembelajaran. Hal ini ditunjukan dengan persentase respon mahasiswa terhadap trainer
sebesar 78,889% dari skor kriterium. Serta terdapat peningkatan aktivitas belajar mahasiswa secara
mandiri dari 70,6% (dengan menggunakan trainer yang belum dikembangkan) menjadi 85,5% (dengan
menggunakan trainer yang telah dikembangkan) atau terjadi peningkatan sebesar 14,9%.
Kata Kunci: Pengembangan, Media, Trainer, Efektivitas, Kualitas.

This research aims to produce learning media in the form of electrical lighting system trainer worth
learning lab course is used for Automotive Electrical for students D3 in Machine Engineering Faculty of
Engineering State University of Surabaya in an attempt to improve the quality of student learning D3 in
the Department of Mechanical Engineering Faculty of Engineering State University of Surabaya. This
research is a research of learning media development trainer which refers to the development of learning
models by Borg and Gill developed by Prof. Dr. Nana Syaodih Sukmadinata and consisting of 3 phases
i.e. phase study introduction and study development stage. But the model test not done because the study
was limited to only test the feasibility and effectiveness of learning media trainer. In this study, acting as
a respondent was 2 lecturer and expert who competence of automotive electrical course 12 D3 in
Mechanical Engineering Automotive Student 2010 forces in Machine Engineering Faculty of Engineering
State University of Surabaya who reprogrammed automotive electrical teaching courses. The research
instrument used is a validation question form by an expert lecturer of electrical automotive skills
competence, student response form an observation. The sheet data analysis was carried out to find out the
feasibility and level of activity for students learn during used electrical lighting system trainer produced.
Based on research results, it’s indicated that the electrical lighting system trainer developed proper to
used in courses teaching learning automotive electrical. It can be seen from the results of validation
trainer by lecturer teachers /expert lecture as much as 79,580 % of the kriterium score. Electrical Lighting
System Trainer that developed have also meet the criteria for quality learning media. This is shown by the
Pengembangan Media Pembelajaran Praktikum Kelistrikan Body Otomotif percentage of students response to the trainer 78,889% of score kriterium. And there is an increase in
student learning activities independently of 70.6% (by using the trainer which has not developed) to
85,5% (by using the trainer has been developed) or happen an increase of 14.9%.


Keywords


Development, Media, Trainer, Effectiveness, Quality.

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.