PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA DIKLAT MEMELIHARA BATERAI KELAS X TKR 1 SMKN 1 KANOR BOJONEGORO

Johan Sudarto, Dewanto dewanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa, serta mengetahui tanggapan siswa dalam proses pembelajaran pada mata diklat memelihara baterai dengan model pembelajaran Problem-Based Learning.Dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah kegiatan belajar merupakan kegiatan yang paling pokok, ini berarti bahwa berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung kepada bagaimana proses belajar yang dialami oleh siswa sebagai anak didik. Salah satu tolak ukur keberhasilan pembelajaran adalah pencapaian hasil belajar siswa yang optimal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas X SMKN 1 Kanor-Bojonegoro tahun ajaran 2011/2012. Data yang dikumpulkan berupa data aktivitas siswa dalam kerja kelompok, data hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem-Based Learning dan data tanggapan siswa terhadap model pembelajaran Problem-Based Learning. Data partisipasi diperoleh melalui hasil observasi, hasil belajar siswa diperoleh dari nilai hasil pre-test dan post-test siswa, dan tanggapan siswa yang diperoleh melalui angket yang diberikan pada akhir siklus. Hasil dari penelitian ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dan II adalah 75 % dan 89.28 %. Hasil penilaian pengamatan tentang aktivitas siswa yang diperoleh guru selama melakukan penelitian dengan menggunakan penerapan model pembelajaran problem based learning yaitu mencapai 82,54 % tergolong kriteria baik. Respon siswa menunjukkan respon siswa yang positif terhadap komponen-komponen atau indikator. Ini berarti siswa setuju dengan penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran memelihara baterai.

 


Keywords


Permasalahan, Respon, Prestasi belajar.

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.