PENERAPAN KURIKULUM 2013 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOLABORASI, HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA KELAS X TKR 1 PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF DI SMKN 1 KALIANGET

Ragil Darmawan, Dewanto Dewanto

Abstract


Abstrak

Berdasarkan hasil wawancara dan observasi,  hasil belajar di kelas X TKR 1 pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif belum maksimal. Hal ini bisa dilihat dari nilai siswa yang mencapai KKM baru 28,2% pada semester ganjil 2016/2017. Selain itu kemampuan kolaborasi dan respon siswa di kelas masih rendah, hal tersebut terjadi karena kurikulum 2013 belum seutuhnya diterapkan. Maka perlu diterapkannya sebuah pendekatan pembelajaran yang menurut teori mampu meningkatkan kemampuan kolaborasi, hasil belajar dan respon siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat sikluistis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKR 1 SMK Negeri 1 Kalianget yang berjumlah 33 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar test, lembar observasi dan lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kolaborasi peserta didik dikategorikan sangat baik. Hasil belajar peserta didik meningkat dengan kategori baik. Serta hasil respon pesereta didik dikategorikan baik.

Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Kemampuan Kolaborsi, Hasil Belajar, Respon siswa.

 

Abstract

Based on results of  interviews and observations, the result of learning in class X TKR 1 at the subjects basic work of automotive engineering is not maximized. This can be seen from the value of students who achieve KKM new 28%in the first semester of 2016/2017. In addition, the ability of collaboration and students response in class is still low, these things happen because of the 2013 curriculum has not been fully applied. it is necessary the implementation of a learning approach which according to theory is able to enhance the ability of collaboration, learning outcomes and  student responses. This research type is Classroom Action Research (PTK) which is sikluistis. Population in this research is all students of class X TKR 1 SMKN 1 Kalianget totaling 33 students. The instrument used in this study in the form of a test sheet, observation sheets and sheets of questionnaire. The results showed that the ability of the collaboration of learners is very good. The learning outcomes of students increased with the good category. As well as the results of students responses categorized better.

Keywords: Scientific Approach, The Ability of Collaboration, Learning Outcomes, Students Response.



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.