HUBUNGAN PRESTASI PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI TEKNIK OTOMOTIF SMKN 1 KALITENGAH LAMONGAN

Budi Setyawan, Aisyah Endah Palupi

Abstract


ABSTRAK

Pembelajaran di SMKN 1 Kalitengah Lamongan tidak hanya membekali peserta didiknya di dalam sekolah melalui praktik dan teori, namun dibekali pula praktik kerja industri yaitu terjun langsung di dunia industri agar siswa dapat berlatih mempraktikkan keahlian serta menambah keahlian baru yang dapat menjadi bekal nantinya untuk berwirausaha atau bekerja.

Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Subjeknya siswa kelas XI SMKN 1 Kalitengah Lamongan sejumlah 48 siswa. Data diambil menggunakan metode dokumentasi, test dan angket. Validitas instrument angket dilakukan dengan analisis butir menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Pengujian hipotesis dengan analisis korelasi product moment.

Minat berwirausaha siswa kelas XI SMKN 1 Kalitengah Lamongan tergolong cukup. Hal ini terlihat koefisien α sebesar 0,733 tergolong katagori cukup. Hal ini menunjukkan bahwa secara psikologis sebagian besar siswa memiliki keinginan yang tinggi untuk berwirausaha dan didukung dengan usaha yang tinggi untuk menjaga kondisi fisik serta mendapat dorongan dari lingkungan baik keluarga, sekolah dan masyarakat.

Hubungan praktik kerja indrustri terhadap minat berwirausaha terlihat dengan menggunakan korelasi product moment pada taraf signifikan 5%. Dalam hasil perhitungan diperoleh harga rhitung sebesar 0,598 dan rtabel sebesar 0,284 sehingga rhitung > rtabel. Berdasarkan analisis di atas disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara praktik kerja indrustri terhadap minat berwirausaha. Hal ini menunjukkan bahwa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kalitengah telah mencapai tujuannya yaitu menyiapkan peserta didiknya untuk menjadi tenaga kerja yang terampil dan mengutamakan kemampuan untuk melaksanakan pekerjaan tertentu. Pengetahuan, keterampilan, pengalaman kerja indrustri serta kemampuan kerja yang dimiliki oleh kelas XI teknik otomotif SMKN 1 Kalitengah dapat mendorong tumbuhnya  minat berwirausaha.

 

Kata Kunci: Praktik Kerja Industri, Minat Berwirausaha, Prestasi


Keywords


Praktik Kerja Industri, Minat Berwirausaha, Prestasi

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.