PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI GLOBALISASI

NURUL AMALIA, HENDRIK PANDU PAKSI

Abstract


Kegiatan pembelajaran yang dilakukan di sekolah lebih sering menggunakan model klasikal sehingga kegiatan pembelajaran yang dilakukan kurang menarik. Salah satu model pembelajaran yang dapat menciptakan pembelajaran yang menarik adalah model pembelajaran ARIAS.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap pemahaman siswa kelas IV pada materi globalisasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain nonequivalen control group desain. Teknik pegumpulan data menggunakan teknik tes yang berupa soal pretest dan soal posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwates nilai thitung adalah 2,54 sedangkan nilai ttabel pada db 38 adalah 2,02. Maka thitung > ttabel (2,54 > 2,02). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap pemahaman materi globalisasi siswa kelas IV SDN Janti 2 Tulangan Sidoarjo.

Kata Kunci: model pembelajaran, ARIAS, pemahaman.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.