Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa

NISROHAH NENI RIYANTI, MOHAMMAD HUSNI ABDULLAH

Abstract


Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, khususnya pada siswa kelas V SDN Tempuran 4 Ngawi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan catatan lapangan. Pelaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan pada siklus I 72,2% dan pada siklus II meningkat menjadi 88,8%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I 62,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 93,75%. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS .

Kata Kunci: Model Pembelajaran Make A Match, Hasil Belajar, IPS.

Abstract

Low learning outcomes of students on Social Studies subject especially in grade V SDN Tempuran 4 Ngawi becomes the background of this research. The purpose of this research is to describe learning implementation and students learning outcomes of cooperative learning type make a match. This research using Classroom Action Research (CAR). Data is collected by using observation, test and field notes. Learning implementation increased during in the first cycle 72,2% and in cycle II increased to 88,8%. Student learning outcomes also increase during cycle I 62,5% and in cycle II increased to 93,75%. From these result it can be concluded that the implementation of the make a match cooperative learning type can improve student learning results in social studies subject.

Keywords: Make A Match Learning Model, Learning Outcome, Social Studies.





Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.