PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE TENTANG PERSIAPAN KEMERDEKAAN RI SD KELAS V

MUNIDA QONITA SILMI, PUTRI RACHMADYANTI

Abstract


Penelitian pengembangan ini dirancang dengan tujuan untuk: (1) menghasilkan produk media pembelajaran video animasi berbasis sparkol videoscribe untuk materi persiapan kemerdekaan RI Kelas V SD. (2) Mengetahui tingkat kelayakan penggunaan media ANVIS yang mencangkup tingkat validitas materi dan validitas media dari validator, serta tingkat keterterapan media ANVIS. Subjek ujicoba dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Lidah Kulon I/464 Surabaya. Model pebelitian yang digunakan yakni model Borg and Gall yang dimodifikasi dari 10 tahapan menjadi 9 tahapan. Hasil penelitian ini berupa validasi dengan presesntase 83,3% untuk materi dan 95,6% untuk media dengan kategori Valid, serta tingkat kelayakan penggunaan dengan presentase 95,25% dengan kategori Dapat diterapkan. Dengan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media ANVIS layak untuk digunakan.

Kata Kunci: Pengembangan, Media ANVIS, Aplikasi Sparkol Videoscribe


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.