Eksplorasi Alquran Surah An-Nisaa dalam Mentransformasi Matematika SD yang Penuh Nilai

FEBRIARSITA EKA SASMITA, NENI MARIANA

Abstract


Abstrak

` Islam sebagai salah satu bentuk keyakinan tidak hanya membawahi ibadah dari setiap pemeluk, namun juga merambah dalam seluruh aspek kehidupan. Di lain hal pengintegrasian dua hal yakni Islam dan ilmu pengetahuan memiliki urgensi tersendiri, khususnya Matematika. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif berjenis transformatif, bermetodekan eksplorasi sumber, wawancara, narrative writing dan auto|etnogarfi dan berstandarkan tiga teknik yakni Trustworthiness and Authenticity, critical reflexivity, dan verisimilitude. Konsep Matematika dalam yang ada pada surah An-Nisaa, baik secara eksplisit maupun implisit, akan dibahas secara rinci dalam pandangan peneliti dan Guru SD-IT sebagai responden. Dengan hasil eksplorasi yang didapatkan, pandangan responden maupun peneliti berubah menjadi pandangan yang memandang Matematika dan Islam sebagai sesuatu yang beririsan dan bisa diintegrasikan.

Kata Kunci: Alquran, An-Nisaa, Matematika SD, Penelitian Transformatif.

Abstract

Islam as one form of beliefs not only oversees the worship of every adherent, but is also penetrated in all aspects of life. On the other hand, the integration of two things namely Islam and science has its own urgency, especially Mathematics. With transformative research, it encodes source exploration, interviewing, narrative writing and auto|ethnography with three quality standards of trustworthiness and authenticity, critical reflexivity, and verisimilitude. The concept of Mathematics which is based on the Surah An-Nisaa will be discussed in detail in the views of researchers and teachers of SD-IT as respondents. With the exploration results obtained, the views of respondents and researchers turned into a viewpoint that consider Mathematics and Islam as something that has intersected and integrated.

Keywords: Alquran, An-Nisaa, Elementary Mathematics, Transfomatif Research.













Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.