PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN KARTU KUARTET PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

INDAH SETIYORINI

Abstract


Abstrak: Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran masih berpusat pada guru, lebih banyak guru hanya menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan media pembelajaran. Siswa tidak antusias ketika pelajaran IPS, mereka sering mengantuk di dalam kelas, dan bermain sendiri dengan teman sebangkunya. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa, maka cara yang digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan media permainan kartu kuartet. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa selama berlangsungnya proses pembelajaran IPS dengan menggunakan media permainan kartu kuartet, mendeskripsikan efektifitas penggunaan media permainan kartu kuartet untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Jajartunggal III/452 Surabaya yang berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain teknik observasi  dan tes.  Pada kegiatan pembelajaran aktivitas guru mengalami peningkatan pada setiap siklus dengan skor rata-rata siklus I 67,85%, siklus II 78,57% dan pada siklus III 98,85%. Aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran mengalami peningkatan pada setiap siklus dengan skor rata-rata siklus I 66,67%, siklus II 77,27% dan pada siklus III 87,87%. Pada pengamatan hasil belajar aspek kognitif  siswa juga mengalami peningkatan dengan skor rata-rata pada siklus I 66,67%, siklus II 72,22% dan pada siklus III 91,66%. Selain itu, dari hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar aspek afektif siswa, dan psikomotor siswa.

Kata Kunci: Media permainan kartu kuartet, hasil belajar

 

 

 

Abstract: The background of this research is still teacher-centered learning, more teachers are using the lecture method and using instructional media. Students were not enthusiastic when social studies, they are often sleepy in class, and play alone with friends sebangkunya. This leads to low student learning outcomes, the methods used to overcome these problems is to use a media card game quartet. The purpose of this study is to describe the activities of teachers and students during the learning process of social studies using quartet card game media, describing the effective use of media card game quartet to improve student learning outcomes. This research is a classroom action research with descriptive qualitative and quantitative methods. Subjects in this study were fourth grade students of SDN Jajartunggal III/452 Surabaya consisting of 36 people. Data collection techniques used include techniques of observation and tests. Activity on learning activities of teachers has increased in each cycle with an average score of 67.85% first cycle, second cycle 78.57% and 98.85% in the third cycle. Activity of students in learning activities has increased in each cycle with an average score of 66.67% first cycle, second cycle 77.27% and 87.87% in the third cycle. In observation of students' cognitive learning outcomes also increased with an average score of 66.67% in the first cycle, the second cycle 72.22% and 91.66% in the third cycle. In addition, the results of the study also showed an increase in students' learning outcomes affective aspect, psychomotor and students.

Keywords: Media quartet card game, learning outcomes.


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.