FAKTOR-FAKTOR PENURUNAN PRESTASI PERSEGRES GRESIK UNITED

ACHMAD CHOLISON ABDUH AL ASYFAHAMI, ABDUL HAFIDZ

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah Faktor - Faktor Penurunan Prestasi Persegres Gresik United yang saat itu mengalami penurunan prestasi yang tidak stabil. Berdasarkan hasil penelitian melalui wawancara dan survey yang diperoleh dari manajemen,eks pelatih,eks pemain, dan suporter kemudian data dianalisis menggunakan metode deskriptif.

Manajemen adalah hal non tekhnis yang sangat penting dalam menjalankan suatu organisasi sepakbola. Karena, sebagai pengatur semua yang ada dalam suatu tim, antara lain : pendanaan, sponsorship, Rekrutmen Pemain dan penyediaan sarana pra sarana. Sehingga, dari hal tersebut terjadi hal yang saling berkaitan dalam tercapainya suatu prestasi dalam sepakbola profesional.

Dalam penelitian ini akan dibahas suatu faktor yang mengakibatkan menurunya suatu prestasi sepakbola profesional di tim Persegres Gresik United. Dari hasil penelitian menyebutkan bahwasanya faktor yang paling dominan adalah kurangnya ketersedian dana yang masuk kedalam manajemen. Manajemen hanya mengandalkan subsidi PT.LIB , penjualan tiket dan dari 3 sponsor. Sponsor itupun tidak memberikan suatu fresh money, melainkan berupa barang. Sehingga, dari hal tersebut berdampak pada semua aspek yang lainnya, antara lain : tidak tercapainya kesejahteraan pemain, tidak harmonis, dan terdegradasinya Persegres Gresik United dari Liga 1 Gojek Traveloka 2017.

Kata kunci : Penurunan Prestasi, Manajemen, Persegres Gresik United.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.