EFEKTIVITAS TAKTIK POWER PLAY FUTSAL DALAM MENCETAK GOL

DENNY KARTADINATA, MOHAMMAD FARUK

Abstract


Sebagai seorang pemain futsal, kemampuan teknikal dan taktikal individu yang baik harus dimiliki selain mental yang bagus. Dalam suatu permainan futsal, terdapat berbagai macam sistem strategi. Salah satunya adalah power play yang biasanya digunakan untuk mengejar ketertinggalan poin di menit-menit ahir pertandingan. Power play dimainkan oleh lima orang pemain termasuk penjaga gawang. Beberapa tim futsal melakukan taktik power play untuk menambah jumlah gol dan memperkecil poin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keefektifan dari strategi power play dalam mencetak gol pada permainan futsal.

Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode eksperimen semu dengan perbandingan 2 tim yang akan melakukan pertandingan uji coba untuk mendapatkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa taktik power play efektif dalam permainan futsal dari segi bola passing, durasi penguasaan bola dan juga gol lebih banyak pada saat tim melakukan taktik power play.

Simpulan pada penelitian ini adalah taktik power play yang dilakukan dalam pertandingan uji coba efektif untuk mencetak gol yang lebih banyak.

Kata kunci: Efektivitas, Taktik, Power play, Futsal, Gol.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.