ANALISIS GERAK SERVIS ATAS SEPAK TAKRAW PADA ATLET PUTRA DI SMA NEGERI OLAHRAGA SIDOARJO

DYAH AYU RETNO WULANDARI, MACHFUD IRSYADA

Abstract


Sepak takraw adalah olahraga dengan banyak gabungan dari cabang olahraga lainnya, seperti bola voli dan sepak bola dengan dominan banyak menggunakan kaki dan kepala dengan maksimal 3 kali perkenaan. Servis atas adalah awal mulainya permainan dimulai dengan melakukan servis yang mematikan untuk dapat mendapatkan poin pada tim. Analisis gerak servis yang dilakukan untuk menggambarkan rangkaian gerak yang efektif sehingga dapat mendapatkan hasil yang maksimal dalam melakukan servis atas.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang diskripsi rangkaian gerak servis sepak takraw dari segi biomekanik. Dengan mengetahui sudut awal, sudut putaran, sudut perkenaan hingga kecepatan bola yan dihasilkan yang efektif. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan acuan atau dasar pertimbangan dalam melakukan servis oleh atlet di SMA Negeri Olahraga Sidoarjo.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan diskriptif, yaitu hanya sebatas mendiskripsikan hasil rekaman video servis atas sepal takraw yang telah dianalisis menggunakan Software Kinovea yaitu salah satu software yang dapat digunakan untuk menganalisis gerak dengan video yang telah diambil untuk di putar dan dianalisis menggunakan software kinovea, sehingga kita dapat lebih mudah untuk menganalisis gerakkannya. Penelitian ini dilakukan berdasarkan data yang diperoleh dari 5 subjek atlet sepak takraw di SMA Negeri Olahraga Sidoarjo.

Dari data penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa gerakan servis atas yang efektif pada atlet putra di SMA negeri olahrga sidoarjo yaitu dengan sudut tumpuan 124°-141°, sudut Swing Angular 145°-157°, sudut perkenaan 156°-170°, tinggi perkenaan 125,29 cm-158,61 cm, jarak perkenaan 16°-32° dengan rata-rata kecepatan bola yang dihasilkan 9,73 m/s - 2,21 m/s dengan demikian dapat disimpulkan servis atas yang tepat menghasilkan bola yang keras dan masuk sehingga bola sulit diterima oleh lawan dengan sudut yang dihasilkan dari hasil penelitian oleh kelima atlet tersebut.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.