EFEKTIVITAS AREA SHOOTING PADA PRO FUTSAL LEAGUE (PFL) 2019

MOHAMMAD SEKAR JUMAD, MOHAMMAD FARUK

Abstract


Dalam futsal terdapat beberapa area yakni, center, ala, dan half space yang berbentuk horizontal dan area shooting. Pemain futsal dituntut untuk kreatif dalam pemanfaatan area tersebut untuk menambah skor timnya. Pemanfaatan area ini membantu pemain melakukan serangan dan shooting untuk menciptakan peluang dan skor.

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah mengetahui area efektif terjadinya goal dan persentase shoot on goal yang tercipta. Mengetahui rata-rata shooting pada setiap pertandingan di Pro Futsal League 2019.

Metode penelitian ini adalah metode dokumentasi. Data yang diolah berupa bentuk video yang langsung diambil melalui website resmi Federasi Futsal Indonesia (FFI).

Hasil Penelitian menunjukkan jumlah keseluruhan goal adalah 30 gol. Gol melalui area center terjadi 22 gol dengan persentase 73% sedangkan melalui ala atau flank 5 gol dengan persentase 17%, dan melalui half-space terjadi 3 gol dengan persentase 10%. Jumlah shooting yang dilakukan pemain pro futsal league 2019 dari keseluruhan match adalah 232 tembakan. 120 shoot on target persentasenya 52% dan 112 shoot off target dengan persentase 48%. Rata-rata shooting dari setiap pertandingan adalah 12,15 shoot on target sedangkan shoot off taget adalah 11. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa area center adalah area effektif terjadinya goal.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.