KAJIAN TENTANG PENERAPAN PEMBELAJARAN PENGELOLAAN USAHA BOGA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 PADA KELAS X WU DI SMK NEGERI 1 BUDURAN

YUNI DWI SUSANTI, YUNI DWI SUSANTI

Abstract


Abstrak


Pembelajaran Pengelolaan Usaha Boga (PUB) yaitu mata pelajaran berbasis kurikulum 2013 yang mengacu pada usaha boga dan dikelola oleh siswa. Kurikulum 2013 merupakan sebuah kurikulum yang dikembangkan untuk meningkatkan dan menyeimbangkan kemampuan soft skills dan hard skills yang berupa sikap, keterampilan dan pengetahuan. Tujuan penelitian ini mengkaji perangkat pembelajaran dan keterlaksanaan pembelajaran PUB berbasis kurikulum 2013.


Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode triangulasi antar peneliti, triangulasi sumber data, triangulasi teori.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyususnan kompetensi inti , kompetensi dasar, dan indikator pencapaian Silabus dan RPP belum memenuhi ketercapaian pembelajaran pada pokok bahasan. Sedangkan hasil keterlaksanaan pembelajaran belum memenuhi kriteria kurikulum 2013 yang membentuk karakter.


 


Kata kunci : Perangkat pembelajaran, Keterlaksanaan  Pembelajaran PUB kurikulum 2013


 


Abstract


Learning of Culinary Business Management (PUB) is subject based on curriculum 2013 refer to culinary business and managed by students. curriculum 2013 is a curriculum that developed to improve and balance both soft skills and hard skills in form of attitude, skills, and cognition. The aims of this research are to study learning instruments and learning realization of PUB based on curriculum 2013.   .


Type of this research is descriptive qualitative. Data collected by using observation technique, interview, and documentation.  Data analysis tecniques using triangulation method, triangulation among researchers, triangulation sources and triangulation theory.


This results of thisstudy indicate taht the preparition of core competencies, basic competencies and indicators of achievement Silabus and RPP do not meet the lerning achievement in the subject. The feasibility study result do not meet the criteria of the curiculum 2013 that formed the caracter of student.


 


Keywords:  learning instrumen, and learning realization PUB curicullum 2013


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.