HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN, PRODUK, DAN HARGA DENGAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN DI RESTAURANT TERAKOTA CAFÉ VERWOOD HOTEL AND SERVICED RESIDENCE SURABAYA

NOVIA HIMMATUN NIFATI

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan: 1) kualitas pelayanan dengan tingkat kepuasan konsumen; 2) kualitas produk dengan tingkat kepuasan konsumen; 3) kualitas harga dengan tingkat kepuasan konsumen; dan 4) kualitas pelayanan, produk, dan harga dengan tingkat kepuasan konsumen.

Penelitian ini dilakukan di Restaurant Terakota Café, Verwood Hotel And Serviced Recidence Surabaya. Sampel penelitian adalah pelanggan berjenis kelamin laki-laki atau perempuan dengan usia minimal 15 tahun yang telah melakukan pembelian di Restoran Terakota Café minimal dua kali. Data diperoleh dari angket, observasi, dan dokumentasi,hasil dianalisa dengan uji signifikansi parameter parsial (Uji t), uji signifikansi simultan (Uji F) dan uji analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tidak terdapat hubungan kualitas pelayanan dengan tingkat kepuasan konsumen di restoran Terakota café; 2) Terdapat hubungan kualitas produk dengan tingkat kepuasan konsumen di restoran Terakota café; 3) Tidak terdapat hubungan kualitas harga dengan tingkat kepuasan konsumen di restoran Terakota café; dan 4) Kualitas pelayanan, produk, dan harga secara bersama-sama berhubungan positif dengan tingkat kepuasan konsumen di restoran Terakota café secara simultan.

Kata kunci: kualitas pelayanan, kualitas produk, harga, kepuasan konsumen.

ABSTRACT

This study aims to determine the relationship: 1) quality of service with the level of customer satisfaction; 2) product quality with customer satisfaction level; 3) quality of price with the level of customer satisfaction; and 4) quality of service, product, and price with the level of customer satisfaction.

The research was conducted at Terakota Café Restaurant, Verwood Hotel And Serviced Recidence Surabaya. The sample of research is customer of male or female with minimum age 15 years who have made a purchase at Terakota Café Restaurant at least twice. The data were obtained from questionnaire, observation, and documentation,the result was analyzed by partial parameter significance test (t test), simultaneous significance test (F test) and multiple linear regression analysis test.

The results showed: 1) There is no relationship of service quality with the level of customer satisfaction in restaurant Terakota Café; 2) There is a relationship of product quality with the level of customer satisfaction in restaurant terracotta café; 3) There is no relation of price quality with the level of customer satisfaction in restaurant Terakota Café; and 4) Quality of service, product, and price are positively correlated with the level of customer satisfaction in restaurant terracotta café simultaneously.

Keywords: service quality, product quality, price, customer satisfaction.







Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.