Pengaruh Kebiasaan Makan Keluarga Terhadap Status Gizi Anak di SDN Babak Sari - Kecamatan Dukun - Kabupaten Gresik (Studi Kasus)

HARUMITA PUTRI PRASASTI

Abstract


Status gizi merupakan sebuah gambaran kondisi seseorang akibat dari konsumsi, penggunaan dan penyerapan makanan. Keadaan status gizi anak dipengaruhi oleh kebiasaan makan yang diterapkan sehari-hari dalam keluarga. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui : (1) Status gizi anak di SDN Babak Sari. (2) Bagaimana kebiasaan makan anak di SDN Babak Sari. Dan (3) Pengaruh Kebiasaan Makan Terhadap Status Gizi Anak di SDN Babak Sari.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dengan sampel 20 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, kuesioner, pengukuran antropometri sampel dan metode Food Frequency Questionnare. Analisis data menggunakan statistik non parametik dengan uji Regresi Linier Berganda dengan bantuan program SPSS.

Hasil Penelitian menunjukkan : 1) Status gizi anak di SDN Babak sari secara keseluruhan dikatakan Baik Sebesar 70% siswa dalam kategori status gizi normal , 25% siswa dalam kategori gizi lebih dan 5% kategori status gizi kurang. 2) Kebiasaan makan dalam keluarga siswa SDN Babak Sari membentuk pola makan dengan frekuensi makan tiga kali makan utama yaitu (sarapan, makan siang, dan makan malam) dan mayoritas tidak diimbangi dengan dua kali makan selingan, jenis makanan yang sering dikonsumsi adalah nasi sebagai makanan pokok, sosis sebagai lauk hewani, tempe sebagai lauk nabati, kubis, wortel, bunci dan kembang kol merupakan sayuran yang sering dikonsusmsi, sedangkan buahnya adalah papaya, pisang blewah dan jeruk, minuman dengan frekuensi sering adalah air putih dan susu, jajanan yang sering dikonsumsi adalah bakwan. 3) Pengaruh kebiasaan makan terhadap status gizi anak ditinjau dari faktor-faktor diatas memilki pengaruh positif dan signifikan. Pengetahuan ibu dan sikap ibu secara simultan berpengaruh terhadap status gizi anak sebesar 34% dan 66% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diukur dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Kebiasaan Makan Keluarga, Status Gizi Anak


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.