Pengaruh Penambahan Puree Umbi Ganyong (canna edulis kerr) Terhadap Sifat Organoleptik Es Krim

ELITA PRAHESTI

Abstract


Es krim puree umbi ganyong merupakan inovasi makanan beku dalam bidang pangan yang kaya gizi tinggi dengan penambahan puree ganyong. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) pengaruh penambahan puree umbi ganyong terhadap sifat organoleptik es krim yang meliputi warna, aroma, tekstur, rasa, dan tingkat kesukaan; 2) pengaruh penambahan puree umbi ganyong terhadap tingkat kecepatan meleleh es krim; 3) kandungan gizi es krim umbi ganyong terbaik dari hasil uji organoleptik yang meliputi Protein, lemak, karbohidrat, serat, inulin, zat besi, kalsium dan fosfor; dan 4) harga jual es krim umbi ganyong terbaik berdasarkan hasil uji orgaoleptik.

Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan penambahan puree umbi ganyong 15%, 20%, dan 25% per 1000g jumlah susu. Metode pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan metode observasi melalui uji organoleptik meliputi warna, aroma, tekstur, rasa dan kesukaan. Data diperoleh dari 30 panelis. Analisis data dengan uji anava tunggal dengan uji lanjut Duncan.

Hasil penelitian menunjukkan: 1) penambahan puree ganyong berpengaruh nyata terhadap aroma, tekstur, dan rasa tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap warna dan kesukaan; 2) penambahan puree ganyong berpengaruh terhadap Tingkat kecepatan meleleh pada es krim; 3) kandungan gizi es krim puree ganyong terbaik berdasarkan uji organoleptik adalah penambahan 15% sebagai berikut: protein 7,88g, lemak 7,88g, karbohidrat 7,88g, serat 6,01g, inulin 0,38g, zat besi 2,01mg/100g, kalsium 153,80mg/100g dan fosfor 218,50 mg/100g; dan 4) Harga jual es krim ganyong per 350 g adalah Rp. 14.200,00.

Kata kunci: es krim ganyong, puree, sifat organoleptik.



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.